Jakarta, aktual.com – Innalilahi wa Inna Ilaihi Raji’un, KH Syakur Yasin, atau yang lebih dikenal sebagai Buya Syakur, meninggal pada Rabu (17/1/2024) pukul 02.00 WIB dinihari di Rumah Sakit Mitra Plumbon, Cirebon, Jawa Barat.

“Innalillahi wainna ilaihri raaji’un. Sampun kapundut dateng kersane Gusti Allah (telah dipanggil ke Rahmatullah) KH. Buya Syakur Yasin Cadangpinggan. Mugi Husnul Khatimah,” demikian tulis Rifqil dikutip dari NUonline, Rabu (17/1).

Buya Syakur meninggal pada usia 75 tahun dan pada 2 Februari mendatang, ia akan genap berusia 76 tahun. Lahir di Desa Tulungagung, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada tahun 1948.

Dia dikenal sebagai ulama kharismatik dari Indramayu, Jawa Barat, dengan pengajaran yang diikuti lintas kalangan. Pengajiannya dilakukan secara rutin, baik di pesantren asuhannya, Pondok Pesantren Cadangpinggan, Kertasemaya, Indramayu, maupun secara daring melalui saluran YouTube-nya.

Buya Syakur menjalani pendidikan selama belasan tahun di Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat. Selanjutnya, dia diberangkatkan untuk studi di berbagai negara di Timur Tengah, termasuk Irak, Suriah, Libya, Tunisia, dan Mesir. Menariknya, sebelum kembali ke Indonesia, Buya Syakur juga mengikuti pendidikan di Oxford, Inggris.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Rizky Zulkarnain