Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Jambi mengadakan praktikum dan studi lapangan ke Jambi Data dan Analytic Center (JDAC).

Jambi, Aktual.com – Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Jambi mengadakan praktikum dan studi lapangan ke Jambi Data dan Analytic Center (JDAC), sebuah platform data terintegrasi yang diluncurkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Gubernur Jambi ini bertujuan untuk mempelajari lebih dalam tentang transformasi digital ranah pemerintahan daerah.

Disambut oleh Badriyati Fitri, penanggung jawab JDAC, para mahasiswa mendapatkan pemaparan mengenai fungsi dan manfaat JDAC dalam mendukung tata kelola pemerintahan yang baik dan transparan.

“Dengan adanya JDAC, pemerintah lebih presisi dalam mengambil keputusan dan masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi terkait Provinsi Jambi,” ujar Fitri.

Para mahasiswa antusias berdiskusi dan mencoba berbagai fitur dalam platform JDAC, yang menyediakan data kependudukan, ekonomi, sosial, dan budaya.

Dimas Subekti, dosen pengampu mata kuliah berharap mahasiswa dapat memberikan rekomendasi praktis untuk pengembangan JDAC ke depan dan mengenalkan proses transformasi digital lebih dekat.

“JDAC sangat membantu kami dalam mencari data yang akurat dan terkini,” ujar salah satu mahasiswa yang menjadi peserta.

Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang penggunaan teknologi informasi dalam pemerintahan dan membuka peluang kolaborasi antara pemerintah dan universitas dalam mengembangkan program inovasi pemerintahan di level lokal.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Sandi Setyawan