Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto saat bertukar cenderamata usai Kunjungan Kerja Spesifik Tim Komisi VII DPR RI ke Coca-Cola Euro Pacific Partners (CCEP) Indonesia di Cibitung, Jawa Barat, Kamis (4/7/2024). Foto: Hira/vel

Bekasi, Aktual.com – Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto menyebut Komisi VII DPR RI akan mendukung hal-hal baik yang dibutuhkan para industri guna mencapai komitmen net zero emission. Hal itu disampaikannya usai Kunjungan Kerja Spesifik Tim Komisi VII DPR RI ke Coca-Cola Euro Pacific Partners (CCEP) Indonesia di Cibitung, Jawa Barat.

“Jadi apa yang disebut dengan ekonomi sirkular di industri ini sudah sangat-sangat diterapkan dengan baik. Sehingga kita support hal-hal yang memang baik,” ujar Sugeng usai Kunjungan Kerja Spesifik Tim Komisi VII DPR RI, di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (4/7).

Lebih lanjut, ia menjelaskan dukungan kepada industri menjadi penting, sebab menyangkut banyak hal, di antaranya seperti tenaga kerja. Di samping itu, dirinya mengaku terus mendorong industri untuk terus meningkatkan kapasitasnya sehingga dapat terus meningkatkan kapasitasnya.

“Sehingga peran dalam hal ekonomi kita semakin besar,” lanjut Politisi Fraksi Partai NasDem ini.

Dirinya menjelaskan bahwa kunjungan kerja Komisi VII DPR RI dilakukan sebab sebagai industri, perusahaan CCEP tersebut melibatkan karyawan yang luar biasa besar dan pendekatan teknologi yang dilakukan juga sangat inovatif.

“Dan yang hal lain yang juga penting adalah dari sisi energi dia terus berupaya sama-sama komitme untuk mencapai net zero emission,” terangnya.

Lebih lanjut, dirinya menerangkan komitmen net zero emission menjadi hal yang penting bagi Indonesia, mengingat bahwa Indonesia telah menandatangani Paris Agreement. Sehingga Indonesia berkomitmen dengan NDC (National Determine Contribution) di saat dunia yang terus secara perlahan mengalami kenaikan suhu.

“Kita semuanya mencegah agar dunia tidak terus-menerus naik suhunya dengan menekan emisi.” imbuhnya.

Dari kunjungan tersebut, ia menjelaskan bahwa Coca Cola Indonesia telah berkomitmen terhadap itu, yakni dengan mengimplementasikan panel surya di seluruh rooftop pabrik. Menurutnya, upaya tersebut merupakan hal luar biasa dan menjadi role model bagi perusahaan lain.

“Di samping itu juga bagaimana ESG (Environment, Social, and Government) dia lakukan dengan baik tadi, termasuk bagaimana lingkungan. Misalnya, bagaimana ini botol recycling jadi botol kembali,” jelas Sugeng.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Sandi Setyawan