Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono saat menghadiri sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/2/2024). (ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)

Jakarta, Aktual.com – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengizinkan DPD Partai Demokrat DKI Jakarta mengusulkan Heru Budi Hartono sebagai calon di Pilgub DKI Jakarta 2024.

AHY menegaskan usulan tersebut tetap akan dipertimbangkan oleh Dewan Pimpinan Pusat.

“Kalau di DPD punya misalnya rekomendasi ya, usulan, saya pikir boleh-boleh saja usulan itu selalu kita terima. Tapi tentunya kita akan membaca peta politik secara utuh,” kata AHY dalam jumpa pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (25/7).

AHY menyatakan pentingnya memantau perkembangan dinamika politik terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan.

Ia juga menunggu kesepakatan dari internal Koalisi Indonesia Maju mengenai calon yang akan diusung.

“Saya melihat di sini Koalisi Indonesia Maju masih juga terus mencari siapa yang kira-kira paling siap dan memiliki kans kemenangan yang paling baik,” ujarnya.

Selain memantau situasi, AHY juga melakukan survei internal untuk mengetahui calon mana yang berpotensi menang bila diusung oleh Demokrat.

“Sekali lagi untuk DKI Jakarta kami belum mengambil keputusan dan masih butuh waktu untuk menganalisa lebih lanjut,” ucap AHY.

Artikel ini ditulis oleh:

Firgi Erliansyah