Jakarta, Aktual.com – Pengelola Gelora Bung Karno (GBK), Pusat Pengelolaan Komplek Gelanggang Olahraga Bung Karno (PPKGBK), sedang berfokus pada perawatan rumput stadion menjelang pertandingan Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia antara Indonesia dan Australia pada 10 September.

Direktur Utama PPKGBK, Rakhmadi A. Kusumo, memastikan bahwa mereka telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan rumput stadion berada dalam kondisi optimal.

“Sebagai pengelola GBK, kami telah melakukan upaya maksimal untuk memastikan rumput tumbuh kuat dan dalam kondisi terbaik,” ujar Rakhmadi saat meninjau stadion bersama Sekjen PSSI, Yunus Nusi, di Jakarta, Selasa(13/8).

Yunus Nusi mengapresiasi usaha tersebut dan mencatat adanya peningkatan kualitas rumput.

“PSSI berterimakasih kepada PPKGBK yang berusaha maksimal untuk memasang rumput terbaik jelang pertandingan melawan Australia,” kata Yunus di laman PSSI.

“Saya berharap pemberitaan soal kondisi rumput untuk lebih bijak karena saya melihat di media sosial banyak berita yang tidak sesuai dengan fakta. Mari kita bantu timnas, bantu PSSI, untuk memberitakan berita yang benar,” tambahnya

PPKGBK sedang melaksanakan tiga tahap perawatan: pemupukan intensif, proses rolling, verticut, dan top dressing, serta pengecekan teknis berkala.

“Kami meyakini bahwa dengan perawatan intensif ini, rumput akan lebih layak digunakan sesuai dengan standar internasional,” kata Rakhmadi.

Koordinasi dilakukan dengan instansi pemerintah seperti Kementerian Sekretaris Negara RI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, serta para ahli dan PSSI.

PPKGBK berharap perawatan ini dapat meningkatkan kualitas lapangan dan mendukung prestasi tim nasional dalam kualifikasi Piala Dunia.

Revitalisasi lapangan GBK dilakukan sejak Juni hingga Oktober 2024 untuk mendukung layanan publik dan prestasi olahraga nasional.

Artikel ini ditulis oleh:

Firgi Erliansyah