Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divhumas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko (kanan).
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divhumas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko (kanan).

Jakarta, Aktual.com – Polri menurunkan 5.614 personel melalui Operasi Mantap Brata 2024 untuk mengamankan pelantikan anggota DPR/DPD RI periode 2024—2029 pada hari Selasa ini di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

“Polri melakukan pengamanan dengan melibatkan 5.614 personel yang terdiri atas satgas daerah sejumlah 4.006 personel, satgas polres 585 personel, satgas pusat 598 personel, dan stakeholder terkait dengan sejumlah 425 personel, termasuk TNI dan pemerintah daerah,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya yang diterima pada hari Selasa (1/10).

Brigjen Pol. Trunoyudo mengatakan bahwa konsep pengamanan mengutamakan langkah preemtif dan preventif dengan berkoordinasi dan bersinergi dengan instansi terkait untuk meminimalkan potensi ancaman yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Personel melakukan deteksi dan identifikasi dini setiap potensi ancaman dengan melakukan antisipasi dini dan sterilisasi area dengan unit penjinak bom (jibom) dan tim K9,” ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, personel melakukan pengaturan, penjagaan, dan pengawalan serta patroli di rute yang dilalui.

Karopenmas Divisi Humas Polri mengatakan bahwa pihaknya akan menerapkan rekayasa lalu lintas apabila dibutuhkan.

Ia mengimbau agar seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga kamtibmas.

Diketahui bahwa 580 calon anggota DPR RI terpilih dan 152 anggota DPD RI terpilih berdasarkan Surat Keputusan KPU RI tentang Hasil Pemilu 2024 Periode 2024-2029 akan dilantik pada hari Selasa ini.

Pelantikan itu dilaksanakan di Ruang Paripurna, Gedung Nusantara alias Gedung Kura-Kura, yang merupakan bangunan ikonik simbol parlemen.

Adapun saat ini calon anggota DPR RI terpilih bertambah dari 575 anggota menjadi 580 anggota karena adanya pemekaran provinsi di daerah Papua. Sementara itu, partai politik yang lolos ke DPR RI berkurang dari sembilan partai politik menjadi delapan partai politik.

Begitu pula jumlah anggota DPD RI juga bertambah dari yang sebelumnya berjumlah 136 menjadi 152 orang karena pemekaran provinsi di daerah Papua. Dengan begitu, jumlah calon anggota DPR RI terpilih  dan calon anggota DPD RI terpilih yang bakal dilantik sekaligus menjadi anggota MPR RI berjumlah 732 orang.

Acara pelantikan para legislator dan senator itu pun bisa disaksikan secara langsung secara daring melalui media sosial maupun laman resmi DPR RI.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Arie Saputra