Bogor, aktual.com – Warga Kampung Ciwaringin Hasan mengaku lihat pelaku pungli yang sempat diamankan polisi kembali bebas berkeliaran di Pasar Tumpah Jalan Merdeka, Bogor Tengah. Pelaku diketahui berada di lokasi bentrok Minggu (5/10) dini hari.

Sebelumnya beredar foto pelaku pungli Pasar Tumpah Merdeka di unit Saber Pungli Polres Kota Bogor. Dalam foto itu, pelaku yang diketahui berjumlah dua orang berdiri dengan menujukan surat pernyataan di atas materai.

Sebelumnya diketahui kedua pelaku telah diamankan anggota Polsek Bogor Tengah dan digelandang ke Unit Saber Pungli Polres Kota Bogor. Hal itu dikonfirmasi oleh warga yang melihat kedua pelaku di lokasi bentrok Minggu (10/5) dini hari.

“Yang kemarin ditangkap aja faktanya dilepasin, tadi malam saya lihat mereka di lokasi,” kata
Hasan.

Hasan menduga kalau para pelaku yang kemarin diamankan tidak diberi tindakan tegas. Bahkan beredar informasi kalau para pelaku hanya diminta surat pernyataan untuk tidak ulangi perilaku seperti itu.

“Artinya tidak ada tindakan tegas oleh APH kepada premanisme di situ,” keluh Hasan.

Hasan mengungkapkan kalau bentrok warga dengan terjadi karena ada provokasi dari Preman dan Pedagang yang masih nekat jualan di Pasar Tumpah Jalan Merdeka. Hal itu diketahui dengan kehadiran otak pelaku premanisme yang mengelola pedagang jualan di lokasi bentrok.

“Malam tadi ada Jufri dia dalang di balik premanisme dan mengelola pedagang untuk jualan di lokasi. Mereka gunakan bangunan yang sebetulnya sudah disegel oleh Pemkot dan tidak diperbolehkan untuk pasar, tetapi sama Jufri ini segelnya dibongkar, spanduk larangan jualan oleh Pemkot dicopot semua,” tuturnya

Hasan mempertanyakan ketegasan dari aparat penegak hukum dalam relokasi Pasar Tumpah di Jalan Merdeka. Terlebih pelaku yang tadinya ditangkap kembali dibebaskan.

“Di mana ketegasan aparat penegak hukum pelaku yg sudah ketangkap tangan ada barang bukti cuma disuruh bikin surat pernyataan dan dilepaskan begitu saja,” tandasnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Tino Oktaviano