MUI dan organisasi Islam besar lain di Indonesia yang tergabung dalam massa Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina (ARI-BP) berunjuk rasa di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta pada Minggu, 6 Oktober 2024, untuk memperingati satu tahun genosida Israel di Gaza, Palestina. (ANTARA/HO-MUI)

Jakarta, aktual.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau masyarakat Indonesia untuk terus mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina dalam rangka memperingati satu tahun genosida Israel di Gaza. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah dengan memboikot produk-produk yang terkait dengan Israel.

Dalam siaran pers yang dirilis di Jakarta, Selasa (8/10), MUI menyatakan bahwa seruan ini disampaikan dalam aksi unjuk rasa yang digelar di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta pada Minggu, 6 Oktober 2024. Aksi tersebut bertujuan untuk mengenang satu tahun peristiwa genosida yang dilakukan Israel di Gaza.

Demonstrasi yang diinisiasi oleh tokoh-tokoh dari berbagai organisasi Islam besar di Indonesia, dalam aliansi Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina (ARI-BP), menyerukan dukungan terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina dan menyerukan agar boikot terhadap produk-produk terkait Zionis Israel tetap dilanjutkan.

“Fatwa MUI terkait produk Israel dan produk yang terafiliasi dengan Israel tidak pernah dicabut. Karena itu saya menyerukan agar boikot terhadap produk Israel harus dilanjutkan,” kata Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim, di depan massa.

Sudarnoto menyatakan bahwa MUI terus memperkuat koordinasi dengan berbagai ormas Islam serta lembaga filantropi Islam dalam rangka mendukung boikot produk-produk terkait Israel dan perjuangan kemerdekaan Palestina.

Ajakan ini merupakan bagian dari refleksi MUI terhadap genosida Israel di Gaza yang tepat setahun pada 7 Oktober 2024.

Dalam acara bertema “Perjuangan Bersama Memperingati 1 Tahun Genosida di Gaza dan 76 Tahun Perlawanan Palestina,” para tokoh Muslim yang hadir sepakat menegaskan pentingnya solidaritas bangsa Indonesia dalam mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina melawan rezim Zionis Israel.

Boikot produk-produk yang terkait dengan Israel dinyatakan sebagai bentuk dukungan nyata untuk mendukung perjuangan Palestina.

Selain melalui aksi unjuk rasa untuk memperingati satu tahun genosida Israel di Gaza, MUI juga mengajak masyarakat untuk memboikot produk-produk Israel melalui media sosial. Ajakan ini mendapat respons positif dari netizen, yang bahkan menjadi tren kedua di media sosial X pada Senin (7/10) dari pukul 12.00 hingga 15.00 WIB.

“Hari ini tepat satu tahun agresi Israel di Gaza bergulir. Setidaknya 40 ribu orang Palestina meninggal dan jutaan hidup dalam pengungsian. Memboikot produk-produk terafiliasi Israel sama sekali tidak akan mengurangi kenyamanan hidup kita kok…,” tulis akun @fotodakwah, pada salah satu cuitannya.

Diantara cuitan itu mengimbau boikot terhadap produk makanan cepat saji, minuman kemasan, kopi, susu dan produk kebutuhan harian lainnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Rizky Zulkarnain