Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (10/10/2024).
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Jakarta, Aktual.com – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa nomenklatur sebagian kementerian untuk kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendatang akan diketahui besok, Jumat (11/10).

Hal itu, kata dia, karena hari Jumat tersebut tahap finalisasi komposisi alat kelengkapan dewan (AKD) atau komisi-komisi di DPR RI akan selesai. Sementara itu, komposisi AKD akan secara resmi diumumkan pada tanggal 14 Oktober 2024.

“Mungkin sebagian nomenklatur kementerian sudah, sebagian belum,” kata Sufmi Dasco Ahmad di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (10/10).

Dasco menjelaskan bahwa nama-nama terkait dengan komposisi maupun pimpinan komisi bakal muncul dari fraksi-fraksi partai politik di DPR RI.

Sebagai pimpinan DPR RI, dia masih menunggu hal tersebut.

Di samping itu, Dasco masih belum bisa memastikan isu bahwa anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI yang disebut bakal menjadi Ketua Komisi III DPR RI.

“Saya enggak tahu karena itu ‘kan akan keluar dari fraksi,” kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan bahwa DPR RI telah sepakat menambah alat kelengkapan dewan (AKD) untuk menyesuaikan dengan pos-pos kementerian pemerintahan mendatang menjadi 13 komisi dan adanya badan baru yang akan dibentuk.

Ia mengatakan bahwa pembentukan AKD baru di DPR RI itu dimaksudkan agar kerja-kerja menjadi lebih efektif, menyusul adanya rencana penambahan pos kementerian pada pemerintahan mendatang.

DPR RI pun berencana mengumumkan jumlah komisi dan badan di DPR RI pada tanggal 14 Oktober sebelum pelantikan calon presiden dan wakil presiden terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI pada tanggal 20 Oktober 2024.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Arie Saputra