Anggota DPR RI Nurul Arifin. (SinPo.id/ Instagram)

Jakarta, Aktual.com – Anggota DPR RI Nurul Arifin menyebut pihaknya akan mendukung penuh visi dan misi program Presiden dan Wakil Presiden 2024–2029 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang terangkum dalam Astacita.

Nurul pun menyoroti terkait masih minimnya anggaran pertahanan Indonesia dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya.

”Karena kalau dilihat dari APBN bahwa Indonesia ini, even di kawasan Asia saja paling rendah untuk anggaran pertahanannya. Negara lain sudah dua persen, kita masih 0,98 persen, belum satu persen,” kata Nurul sebelum acara pelantikan Presiden dan Wakil presiden Republik Indonesia Masa Jabatan 2024-2029 di Gedung Nusantara, Kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Minggu, (20/10).

Untuk itu, Politisi Fraksi Partai Golkar ini berharap di bawah kepemimpinan Prabowo yang berlatar belakang militer, bisa menguatkan pertahanan Indonesia baik dari sisi anggaran maupun SDM.

”Bukan semata-mata anggaran besar, tapi kita melihat bahwa Indonesia sangat membutuhkan pertahanan tersebut. Karena kita kan negara kepulauan, sebetulnya kalau dari logika saja kita memerlukan lebih banyak alutsistanya. Karena kita di laut, di udara, di darat dan sebagainya. Membutuhkan personel juga yang banyak,” ucap Anggota Komisi I DPR RI periode 2019-2024 ini.

Lebih lanjut, Legislator Jawa Barat I ini mengaku pihaknya akan mendukung sepenuhnya wajah pertanahan Indonesia di mata dunia global.

”Dan juga pertahanan bukan masalah senjata saja, tapi juga masalah penguasaan teknologi, itu yang penting. Juga Itu yang disebut dengan pembangunan sumber daya manusianya,” pungkasnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Sandi Setyawan