Jakarta, Aktual.co —  Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia menegaskan agar pemerintah menjamin bahwa proses pengolahan sumber kekayaan alam harus dilakukan di dalam negeri.
“Agar sumber daya manusia (SDM) lulusan universitas kita bisa terpakai untuk mengolah sumber kekayaan alam yang ada,” kata Ketua Umum Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) Dr Warsito P Taruno, M. Eng, di Jakarta, Minggu.
Dalam kaitan itu, guna mengawali kegiatan tahun 2015 pihaknya memfasilitasi pertemuan 40 doktor untuk membahas strategi pembangunan Indonesia berbasis pengetahuan, yang dipusatkan di MITI Center, Depok, Jawa Barat.
Ia menegaskan, bahwa pemerintah dan industri nasional harus bersinergi untuk menjadikan rakyat lebih berdaya dengan cara menciptakan pasar bagi produk inovasi dari rakyat.
Melalui jejaring luas yang dimiliki MITI, para doktor yang hadir yakin bila amanah kesejahteraan rakyat yang mereka emban dapat segera terwujud jika berbagai pihak dapat bersinergi.
“Bukan eksploitasi sumber kekayaan alam semata, tetapi Indonesia yang memanfaatkan kekayaan intelektual dari sumber daya manusia yang unggul,” kata doktor lulusan Universitas Shizuoka, Jepang itu.

Artikel ini ditulis oleh:

Nebby