Jakarta, Aktual.co —  Memiliki kulit bercahaya dan sempurna adalah impian bagi semua orang. Terutama anak muda masa kini. Kulit mempunyai tiga tipe jenis yang berbeda yaitu, normal, kering dan berminyak. Berikut, beberapa tips dalam mengobati kulit kering, demikian seperti dilansir dari Stylecraze, Jumat (19/12).

Moisturizing
Moisturizing adalah pengobatan eksternal, yang melibatkan penerapan pelembab pada area kulit yang bermasalah. Bahan pelembab yang mengandung urea atau asam, membantu kulit dalam menjaga mempertahankan kulit dari kekeringan.

Obat-obatan
Bila kondisi kulit semakin memburuk, cara terbaik yakni, dengan berkonsultasi dengan dokter kulit. Jenis obat yang dipakai tergantung pada tingkat kekeringan kulit wajah Anda. Jika kondisi tersebut sangat parah, steroid bisa menjadi resep Anda. Berikut, beberapa tipe obat oles, diantaranya, hydroxyzine (atarax), diphenhydramine (benadryl), cetirizine (zyrtec), loratidine (claritin).

Rubah gaya hidup
Ini faktor yang paling penting dalam kasus penyakit kulit. Sebagian besar masalah kulit kering yang sudah parah seperti eksim, psoriasis, dermatitis, dan lain-lain, bisa digolongkan ke dalam gaya hidup yang tidak seimbang. Misalnya, menerapkan gaya hidup tidak sehat atau mengalami stres. Jadi disarankan ubahlah pola lifestyle Anda, yang mungkin membuat kulit Anda alergi.

Sekedar informasi, kulit kering disebabkan oleh faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal seperti, kelembaban rendah, suhu dingin, panas, atas penggunaan sabun yang keras dan pembersih dapat membuat kulit kering. Sementara, faktor internal, seperti usia, genetika, dan riwayat pribadi atau keluarga. Penyakit kulit seperti alergi, asma, dermatitis juga menyebabkan kulit kering. Orang yang menderita gangguan tiroid juga rentan terhadap kulit kering.

Artikel ini ditulis oleh: