Jakarta, Aktual.co — Tiongkok mengirim kapal perang berisi air minum ke Maladewa yang saat ini mengalami krisis air bersih.
Sebelumnya dilaporkan bahwa Maladewa mengumumkan dalam kondisi darurat karena krisis air bersih, setelah pusat pengolahan air di Male, ibu kota negara itu terbakar. Akibatnya lebih dari 100.000 warga tidak bisa memeroleh air bersih.
Maladewa sudah meminta bantuan dari India, Sri Lanka, Amerika Serikat, dan Cina. Kapal perang Tiongkok itu akan membawa 960 ton air bersih, demikian kata Kementerian Pertahanan Cina. 

Kementerian Luar Negeri Cina mengatakan bahwa 20 ton air bersih dalam botol sudah dikirim menggunakan pesawat sipil pada Sabtu (6/12).
Sebelumnya India mengatakan akan mengirim lima pesawat berisi air bersih dan dua kapal berisi peralatan untuk memperbaiki pusat pengolahan air di Male.
Maladewa, negara yang terdiri dari 1.190 pulau karang, mengandalkan sektor pariwisata untuk membangun perekonomiannya. Setiap tahun dekitar 750.000 turis mengunjungi negara itu yang berpopulasi 400.000 jiwa itu.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Wisnu