Jakarta, Aktual.com – KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) sempat mengenang sosok Rachel Alience Corrie, seorang Mahasiswi sekaligus Aktivis kemanusiaan asal Amerika Serikat yang tewas di tanah konflik Palestina.

Pendiri Daarut Tauhid Indonesia itu awalnya menceritakan Mahasiswi cantik yang memilih terjun langsung ke Palestina ketimbang berpesta layaknya anak muda seusianya.

Setelah melihat beberapa pemberitaan di media, Corrie memilih terjun ke Palestina karena banyak anak-anak yang ikut berperang melawan Israel.

“Disana, dia melihat sendiri bagaimana Israel menjajah Palestina. Dia memilih berjuang disaat semua anak-anak muda seusianya bersenang-senang, dia justru datang ke Palestina,” kata Aa Gym saat menyampaikan ceramahnya di Panggung Aksi Bela Palestina, di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (17/12).

Corrie sendiri tergabung dalam International Solidarity Movement (ISM) atau Gerakan Solidaritas Internasional. Di tengah padang perang bumi Palestina, Corrie berjuang untuk memberikan sisi kemanusiaan kepada anak-anak Gaza.

Namun nahasnya Corrie harus tewas ketika hendak menyelamatkan sebuah rumah yang akan dihancurkan oleh Buldozer Israel. Kala itu, Corrie dengan sengaja menghadang Buldozer yang akan menghancurkan rumah tersebut.

Buldozer Israel tak menghiraukan keberadaan Corrie didepannya dan terus melindas hingga akhirnya nyawa Corrie tidak terselematkan ketika akan dilarikan ke rumah sakit. Corrie tewas tepat pada 16 Maret 2003.

“Wajahnya sobek, tubuhnya berdarah-darah dan rakyat Palestina mengenangnya sebagai pejuang Palestina,” kata Aa Gym.

Fadlan Syiam Butho

()