Jakarta, Aktual.com – Absen digital kini sudah banyak dipilih oleh perusahaan perusahaan yang ada di Indonesia. Saat ini, Indonesia sudah memasuki era teknologi yang semakin canggih yaitu 4.0.

Pada era ini, Indonesia kini sudah mengadopsi berbagai teknologi yang begitu canggih dengan semaksimal mungkin dalam pemanfaatannya di mana penggunaan bantuan teknologi untuk melakukan sesuai dinilai bisa lebih mempersingkat waktu sekaligus akan meningkatkan efektivitas serta efisiensi dari perusahaan.

Salah satu penerapan teknologi untuk saat ini adalah penggunaan dari absen digital karyawan, kini perusahaan perusahaan di Indonesia sudah banyak yang meninggalkan sistem absensi karyawan yang dilakukan secara manual.

Seperti yang Anda ketahui sendiri bahwa gaji menjadi salah satu aspek yang sangat penting bagi perusahaan karena gaji bisa memberi pengaruh terhadap gaji bersih yang dimiliki oleh perusahaan.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir kesalahan yang bisa saja terjadi karena menggunakan sistem absensi manual, sebaiknya perusahaan segera menerapkan penggunaan sistem absen digital sehingga staff HR perusahaan bisa mendata daftar hadir setiap karyawan secara tepat.

Mengenal Absensi Digital yang Banyak Digunakan

Saat ini mengikuti perkembangan teknologi yang sudah berkembang dengan sangat pesat, kini melakukan pekerjaan secara manual sudah tidak dilakukan lagi dan dianggap oleh kebanyakan orang merupakan suatu kegiatan yang tidak efisien dan akan memakan banyak waktu. Hal ini pun bisa dilihat dari bagaimana perusahaan perusahaan di Indonesia mulai menerapkan untuk menggunakan aplikasi absensi digital.

Jika dibandingkan dengan absensi karyawan yang dilakukan secara manual, tentu saja penggunaan absensi digital ini lebih banyak memiliki keuntungan salah satunya adalah membuat kinerja perusahaan bisa berjalan lebih cepat dan praktis. Tidak hanya perusahaan di Indonesia saja, bahkan perusahaan dari luar negeri pun banyak yang menggunakan aplikasi absensi digital untuk mempermudah pekerjaan rekap daftar hadir karyawan perusahaan yang dilakukan oleh tenaga kerja HR / SDM perusahaan.

Dengan penggunaan rekap daftar absensi digital ini akan membuat karyawan perusahaan tidak perlu repot lagi menulis tanda tangan hanya untuk absen. Sebagai contoh, ketika suatu perusahaan menggunakan sistem sidik jari untuk melakukan absen maka karyawan tersebut sudah tidak perlu lagi melakukan absen dengan tanda tangan dan akan dipermudah dengan menempelkan sidik jari pada sistem absensi digital tersebut.

Selanjutnya, mesin sidik jari tersebut akan langsung memproses data karyawan secara otomatis. Bisa dikatakan jika sistem absensi digital ini merupakan hal yang sangat efisien dan karyawan bisa lebih menghemat waktu mereka dibandingkan ketika karyawan menggunakan sistem absensi manual.

Bahkan, perusahaan tidak hanya diuntungkan karena sistemnya yang lebih efisien, tetapi tingkat kecurangan daftar absen pun bisa dihindari dan sangat tidak mungkin kecurangan tersebut bisa terjadi, persentasenya sangat kecil. Hal ini karena sidik jari pada setiap orang berbeda sehingga tidak ada yang bisa menipu sistem absensi karyawan digital ini.

Tujuan Perusahaan Menggunakan Absen Digital

halaman selanjutnya…

(Advertorial)