Jakarta, Aktual.co —Aksi Cepat Tanggap (ACT) siap bantu warga di kawasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkena dampak kekeringan akibat musim kemarau lewat pengiriman 15 truk tangki berisi air.

“Sebanyak 15 truk tangki air bersih telah disiapkan ACT Cabang DIY,” kata Kepala Kantor Cabang ACT Yogyakarta Awal Purnama lewat siaran persnya yang diterima di Jakarta, Jumat (17/10).

Armada truk tangki air itu, kata Awal, disiapkan untuk misi distribusi air bersih di wilayah kekeringan area DIY dan Jawa Tengah.

“Kamis (16/10) kemarin kami bekerja keras untuk melakukan pengadaan armada pengangkut air bersih. Alhamdulillah, sejumlah tangki telah kami dapatkan dan siap beroperasi secepatnya ke wilayah-wilayah terdampak kekeringan,” kata dia.

Lebih lanjut, Awal mengatakan ada empat daerah yang terdampak kekeringan di wilayah DIY, yaitu Sleman, Kulon Progo, Bantul dan Gunung Kidul.

Sementara itu, Jawa Tengah merupakan daerah yang memiliki kota/kabupaten terdampak kekeringan terbanyak, dengan daerah yang mengalami kekeringan antara lain yaitu Rembang, Semarang, Cilacap, Temanggung, Boyolali, Banyumas, Purworejo, Magelang, Wonogiri, Klaten, Grobogan, Pekalongan, Brebes, Jepara, Tegal, Batang, Sukoharjo dan Pati.

Selain penyiapan armada truk pengangkit air bersih, ACT Yogyakarta juga membuka Posko Induk Wilayah Darurat Kekeringan di Kantor Cabang ACT Yogyakarta, Jalan Timoho II Nomor 32 (sebelah Barat Universitas Janabadra), nomor telepon (0274) 7134440.

Posko itu merupakan bagian dari sejumlah posko ACT di 20 propinsi.

Menurut Vice President ACT Insan Nurrohman posko tersebut dibentuk sebagai pusat komunikasi, koordinasi dan aksi menanggulangi dampak kekeringan.

“Dengan adanya posko, respons semua hal terkait kekeringan bisa dilakukan dengan cepat,” kata Insan.

()

(Andy Abdul Hamid)