Kasi Propam Polres Manggarai Barat, NTT, IPDA Ignatius Andrean Setianto (kanan) sedang memeriksa personil (dok. Jef Dain)
Kasi Propam Polres Manggarai Barat, NTT, IPDA Ignatius Andrean Setianto (kanan) sedang memeriksa personil (dok. Jef Dain)

Labuan Bajo, Aktual.com – Agar taat aturan dan kedisiplinan di lingkungan Polri, Propam Polres Manggarai Barat, Polda NTT, melaksanakan kegiatan Penegakan Penertiban dan Disiplin (Gaktiplin) di lapangan Mapolres Manggarai Barat, Senin (2/8) pagi.

Pelaksanaan Gaktiplin tersebut dipimpin langsung oleh Kasi Propam IPDA Ignatius Andrean Setianto didampingi personil Propam Polres Manggarai Barat. Gaktiplin digelar dalam rangka meningkatkan kedisiplin personil Polri, khususnya di lingkungan Polres Manggarai Barat.

Setelah pelaksanaan apel pagi, Kasi Propam memberikan informasi kepada personil Polres Manggarai Barat bahwa Propam akan melaksanakan Gaktiplin agar personil mempersiapkannya, selanjutnya Propam melakukan pemeriksaan kelengkapan surat–menyurat kepada personil seperti KTP, SIM, dan juga Kartu Anggota dilanjutkan pemeriksaan sikap tampang, kerapian dan kesesuaian pakaian dinas.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, melalui Kasi Propam IPDA Ignatius Andrean Setianto menyampaikan kegiatan Gaktiplin rutin dilaksanakan Propam Polres Manggarai Barat dalam upaya meningkatkan kedisiplinan para personil. Kegiatan tersebut memiliki tujuan agar personil dapat mematuhi peraturan yang berlaku, sehingga dapat menumbuhkan citra yang baik di masyarakat.

“Ini merupakan tugas pokok kami kepada personil. Tak hanya itu pengawasan di dalam tubuh instansi Polri bertujuan agar personil hindari perbuatan merusak citra Polri seperti miras, narkoba, bahkan korupsi,” tegas Ignatius.

Ia juga mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk menjaga kerapian dan mewujudkan karakter Polri yang Presisi sesuai dengan program Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

“Langkah tersebut merupakan upaya penegakan pengawasan disiplin secara internal, mengingat Polri adalah panutan masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, IPDA Ignatius mengingatkan personel agar tidak melakukan pelanggaran hukum maupun perbuatan yang dapat mencoreng nama baik institusi kepolisian.

“Pelanggaran yang terjadi akan menghambat karir, merugikan diri sendiri dan keluarga. Mari jadikan Gaktiblin sebagai momen untuk lebih baik kedepannya,” pungkasnya.

Kata dia, dalam kegiatan tersebut masih ditemukan beberapa personil Polres Manggarai Barat yang tidak merawat rambut dan janggut sesuai ketentuan sehingga terkesan kurang rapi. Kepada personil beberapa personil itu akan diberikan arahan dan teguran.

“Selain melaksanakan kegiatan Gaktiplin, Propam juga memberikan imbauan kepada personil agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan menjadi pelopor prokes di tengah–tengah masyarakat,” tutup IPDA Ignatius.

(Florianus Jefrinus Dain)

(Nusantara Network)