Bus Transjakarta Explorer terlihat melintas di jalan KH. Mas Mansyur kawasan Tanah Abang, Jakarta, Jumat (2/2). Pasca diberhentikannya operasional bus transjakarta Tanah Abang explorer oleh Pemprov DKI akibat aksi mogok sopir angkot Tanah Abang, namun bus tersebut masih tetap beroperasi dengan rute yang berbeda yakni melalui jalan KH. Mas Mansyur. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – PT TransJakarta harus menghentikan dan mengalihkan sementara rute-rute bus, Kamis, karena ada penutupan jalan di sekitar gedung DPR RI terkait aksi massa.

“Sehubungan dengan adanya penutupan jalan di gedung DPR/MPR, untuk rute 1F (Stasiun Palmerah – Bundaran Senayan) dan rute 1B (Stasiun Palmerah – Tosari) dihentikan sementara,” kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Hubungan Masyarakat PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Nadia Diposanjoyo, Kamis (26/9).

Untuk rute T11 (Bundaran Senayan – Poris Plawad) sementara mengalami perpendekan rute menjadi Grogol 2-Poris Plawad. “Ini juga dikarenakan adanya penutupan jalan,” kata Nadia.

Sementara itu, koridor 9 (Pinang Ranti – Pluit) tidak melewati Halte Semanggi sampai dengan RS Harapan Kita untuk kedua arah dikarenakan adanya penutupan jalan.

Selanjutnya rute 9E (Kebayoran Lama – Grogol) dan rute 8C (Kebayoran Lama – Tanah Abang) juga berhenti sementara.

Rute B21 : Bekasi Timur – Grogol sementara mengalami perpendekan rute menjadi Bekasi Timur – Cawang UKI dan penaikan dari Halte BNN arah Bekasi Timur dikarenakan adanya penutupan jalan.

(Abdul Hamid)