Jakarta, Aktual.co — Ketua DPR RI Setya Novanto mengatakan, soal alat kelengkapan dewan dan pimpinan komisi akan dibentuk setelah susunan kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla diumumkan.
“Itu kita tunggu kabinet (Jokowi-JK). Mudah-mudahan paling lambat besok sudah dijelaskan seluruh kabinetnya sehingga kita (pimpinan DPR) bisa melihat apa-apa yang menjadi fokus komisi-komisi terkait mitra kerjanya,” kata Setya usai pelantikan Jokowi-JK, di komplek parlemen, Jakarta, Senin (20/10).
Dia berharap presiden dan wapres Jokowi-JK dapat membenahi permasalahan terkait infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.
“Terlebih khususnya hal-hal yang disampaikan dalam pidato (kenegaraan) tadi, yaitu mengenai kerakyatan. Itu tentunya kita sambut baik,” kata dia.
“Kita selaku pimpinan DPR dan anggota DPR seluruhnya akan mengawal ini dengan sebaik-baiknya,” kata Bendahara Umum Partai Golkar ini.
Sebelumnya, Joko Widodo-Jusuf Kalla telah resmi menjabat sebagai presiden dan wapres RI periode 2014-2019 setelah mengucap sumpah jabatan di sidang paripurna MPR RI, hari ini, Senin (20/10).
Dalam acara itu, Jokowi terlebih dahulu membacakan sumpah, kemudian disusul oleh Jusuf Kalla.
Sumpah yang mereka ucapkan, sebagaimana tercantum dalam Pasal 35 UU MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3). Keduanya mengucapkan sumpah dengan disaksikan oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali.

(Novrizal Sikumbang)

()