Batalyon Bhara Daksa/Antara
Batalyon Bhara Daksa/Antara

Jakarta, Aktual.com – Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 Batalyon Bhara Daksa membagikan 1.500 paket bantuan sosial (bansos) berupa sembako kepada masyarakat terkena dampak pandemi COVID-19 di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam keterangan tertulis, Senin menyebutkan, sebanyak 1.100 paket baksos didistribusikan kepada masyarakat di sekitar perumahan Jakarta Garden City, Jakarta Timur.

Untuk menghindari timbulnya kerumunan, pembagian paket sembako dilakukan dengan mekanisme penjemputan paket sembako dengan memanfaatkan layanan jemput dan antar (pengiriman) barang yang disediakan oleh aplikasi pengiriman daring sejak Sabtu (31/7).

Lokasi penjemputan paket sembako berada di Club House Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.

“Itu wujud kepedulian Polri kepada masyarakat terkena dampak pandemi COVID-19 sekaligus dalam rangka memperingati 30 tahun pengabdian alumni Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991 Batalyon Bhara Daksa,” katanya.

Ia juga mengaku, sampai Sabtu (31/7) secara serentak telah membuka kurang-lebih 91 gerai untuk melaksanakan vaksin dengan sasaran 30 ribu masyarakat.

Tak hanya itu, ia juga mengapresiasi rekan-rekan panitia yang sudah melaksanakan pembagian bansos, termasuk para alumni Akpol 91 selaku inisiator kegiatan.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menuturkan, selain di Jakarta, bansos ini juga di beberapa kota lainnya di Indonesia dengan berbagi puluhan ribu paket bansos.

“Situasi pandemi COVID-19 berdampak pada ekonomi masyarakat. Semoga dengan bansos ini dapat sedikit meringankan beban masyarakat terkena dampak COVID-19 dan dalam masa penerapan PPKM,” ujar Irjen Pol Fadil Imran.

Program acara bakti sosial pembagian sembako yang diberi nama “Gebrak Baksos Presisi Online” ini sendiri berupa pemesanan paket sembako melalui aplikasi layanan pengiriman barang secara online (Gojek/Grab/Lalamove/Anteraja), bisa untuk diri sendiri dan orang lain.

Setelah dilakukan seleksi, verifikasi dan pengecekan oleh panitia, selanjutnya paket sembako yang telah dipesan akan didistribusikan kepada alamat tujuan yang diberikan oleh pemesan.

Saat proses distribusi secara daring tersebut, pengemudi juga mendapatkan lima kilogram beras dan biaya sepenuhnya ditanggung penyelenggara sebesar Rp75 ribu per pengiriman (estimasi Rp25 ribu per 5 km).

Perwakilan Alumni Akpol 91 Batalyon Bhara Daksa Brigjen Pol Krishna Murti, mengaku, bahwa kegiatan itu dalam rangka memperingati 30 tahun pengabdian para alumnus Akpol 1991.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah membagikan ratusan ribu paket sembako bantuan sosial dan program vaksinasi massal Covid-19.

(Antara | Diva Ladieta)

(Aktual Academy)