Jakarta, Aktual.com – Wujud kepedulian KOICA dalam membantu penanganan pandemi Covid-19 kembali dilakukan, yaitu dengan memberikan bantuan dari ikatan Alumni KOICA Indonesia kepada Dinas Kesehatan Kota Depok dan Kota Tangerang Selatan berupa set oksigen siap pakai.

Bantuan tersebut masing-masing diterima oleh perwakilan yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Ikatan Alumni KOICA Indonesia (KOICA Scholarship Association atau KOSA) dan disaksikan oleh Country Director dari KOICA Indonesia, Mr YunGil Jeong berupa tabung oksigen kapasitas 6 m3 dan oksigen kapasitas 1 m3 yang diharapkan dapat membantu Dinas Kesehatan Kota Depok dan Kota Tangerang Selatan dalam menghadapi pandemi.

“Ini sebagai bentuk sinergi antara pemerintah daerah dan Badan Internasional dalam hal ini Alumni KOICA Indonesia yang merupakan peserta training dan Master Degree yang dilaksanakan di Korea Selatan, yang dilakukan kali ini adalah siap dan aktif mendukung program pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 melalui wujud bantuan kepada masyarakat melalui Dinas Kesehatan. Penyediaan sarana tabung oksigen siap pakai diharapkan sebagai Langkah mitigasi apabila ada lonjakan kebutuhan oksigen di wilayah Kota Depok dan Kota Tangerang Selatan,” kata Mr. YunGil saat penyerahan donasi di kantor KOICA Indonesisa Office, Selasa (16/11).

Tahun ini adalah tahun kedua kegiatan Alumni KOICA Indonesia dalam penyaluran peralatan untuk penanganan Covid-19 di Indonesia. Walaupun menurunnya jumlah kasus Covid-19 di Indonesia terutama di Kota Depok dan Kota Tangerang Selatan, diharapkan peralatan yang disalurkan dapat menjadi persediaan di Dinas Kesehatan masing-masing daerah. Diharapkan kasus Covid-19 di Indonesia semakin menurun dan diharapkan tidak ada gelombang ketiga yang dilansir oleh media.

Turut hadir ketua KOICA Scholarship Association (KOCA), Ibu Windha Eka Mariani, Penyusun Kerjasama Teknik Luar Negeri, Kementerian dalam Negeri, Country Director KOICA Indonesia, Mr. YunGil Jeong, Deputy Country KOICA Indonesia.

Dari Dinas Kesehatan Kota Depok yaitu dr. Enny Ekasari, MARS sebagai Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Depok dan dr. H Tulus Muladiyono, MA sebagai Plt. Direktur RSUD Serpong Utara.

(Advertorial)