Medan, Aktual.com – Untuk mengamankan proses search and rescue di kawasan pantai barat Sumatera Utara, Basarnas menempatkan satu unit armada kapal Kapal Negara (KN) SAR Nakula 203 berkecepatan 34 knot per jam.

“KN SAR Nakula itu wilayah cakupannya beberapa, diantaranya Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Sibolga hingga ke Nias,” ujar Kasi Potensi SAR Medan Ahmad Junir kepada Aktual.com saat test drive KM SAR Nakula di perairan Sibolga, Senin (9/11).

Menurut Junir, KN SAR Nakula dalam pengoperasiannya di awaki 25 orang. Meski saat ini, dengan keberadaan personil yang terbatas pihaknya menempatkan 10 personil.

Ditambahkan Junir, KN SAR Nakula adalah kapal pencari berstandart internasional. Dengan sejumlah perlengkapan diantaranya, 1 unit boat se leader, 2 unit sekoci, 3 unit alat pemadam kebakaran, alat radar bertekhnologi tinggi dan sejumlah perlengkapan lainnya.

Keberadaan kapal pencari sepanjang 40 meter itu diharapkan akan semakin memperkuat pelaksanaan operasi pencarian dan penyelamatan di kawasan pantai barat.

Sementara itu, Plt Bupati Tapanuli Tengah Syukran J Tanjung yang turut dalam test drive itu mengatakan, pihaknya mengapresiasi penempatan kapal KN SAR Nakula di kawasan itu. Mengingat potensi kebencanaan dan kecelakaan di kawasan pantai barat Sumut yang tergolong tinggi.

“Tapteng sendiri dengan luas 6 ribu per segi, 4 ribu kilometer merupakan perairan dan pulau-pulau. Apalagi Tapteng sendiri, potensi kecelakaan dan kebencanaannya tergolong tinggi,” ujar Syukran.

Politisi Golkar itu pun berharap keberadaan kapal SAR KN Nakula dapat dimanfaatkan secara maksimal dan optimal dalam melakukan pencarian dan penyelamatan korban di kawasan itu.

“Dan sejauh ini saya melihat memang keberadaan SAR di kawasan pantai barat memang telah bekerja ekstra dalam berbagai operasi penyelamatan. Dengan keberadaan kapal ini, kita harapkan operasi penyelamatan lebih maksimal lagi,” tandasnya.

Terlihat dalam test drive itu hadir juga Danrem 023 KS, Kolonel Fahri dan sejumlah tokoh lainnya. Dalam test drivw itu, juga dimunculkan wacana menjalin MoU antara Basarnas dan pemkab setempat terkait pengoperasian KN SAR Nakula.

(Wisnu)