Jakarta, Aktual.co —PT Pembangunan Jaya Ancol selaku pemilik dan pengelola lahan Taman Impian Jaya Ancol secara resmi menutup operasional wahana akuarium Sea World untuk umum.
“Mengingat telah berakhirnya kerja sama PT Pembangunan Jaya Ancol dengan PT Sea World Indonesia selaku operator pada 20 September dan hingga kini belum ada kesepakatan baru maka wahana itu resmi ditutup,” kata Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Gatot Setyowaluyo di Jakarta, Kamis (16/10).
Ia menjelaskan selama ini kerja sama antara Ancol dengan PT Sea World Indonesia menggunakan mekanisme Build, Operate dan Transfer atau melakukan pembangunan, mengoperasikan dan mengembalikan ketika masa kontrak habis.
Karena masa kontrak kerja sama telah habis maka PT Sea World Indonesia berkewajiban mengembalikan lahan serta seluruh aset yang ada diatasnya kepada PT Pembangunan Jaya Ancol, kata dia.
Namun ia menyayangkan hingga saat ini PT Sea World Indonesia belum melakukan penyerahan kembali lahan dan aset kendati telah diberikan pemberitahuan secara tertulis dan pembicaraan langsung.
Ia menegaskan sejak berakhirnya masa kerja sama belum ada perjanjian baru dengan PT Sea World Indonesia untuk melanjutkan operasional wahana tersebut.
Tetapi pihak Ancol membuka kesempatan seluas-luasnya untuk melakukan negosiasi bisnis dengan syarat telah dilakukan penyerahan aset terlebih dahulu, kata dia.
Ia menambahkan pihak Ancol tidak akan menelantarkan ikan-ikan di akuarium Sea World dan pekerja masih diperbolehkan masuk untuk merawat ikan-ikan milik Sea World.

(Andy Abdul Hamid)