Beranda Internasional Anggota DPR Desak Kemnaker Tanggung Jawab Atas Nasib 200 PMI di Inggris

Anggota DPR Desak Kemnaker Tanggung Jawab Atas Nasib 200 PMI di Inggris

Anggota Komisi IX DPR-RI, Irma Suryani Chaniago (Youtube TV Parlemen)

Jakarta, aktual.com – Anggota Komisi IX DPR-RI, Irma Suryani Chaniago mendesak Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) ikut bertanggung jawab terhadap nasib sekitar 200 pekerja migran Indonesia (PMI) yang tak bisa lagi bekerja di Inggris. Pasalnya menurut Irma, sebagian besar PMI di Inggris tersebut sempat dilepas secara resmi oleh instansi Kemnaker.

“Saya minta Kemnaker terutama Ditjen Binapenta bertanggung jawab atas PMI yang dilepas ke Inggris, yang ternyata bermasalah. Kemnaker wajib memulangkan mereka,” kata Irma kepada redaksi Aktual.com, Minggu (4/12) kemarin.

Politisi Nasdem ini pun meminta Kemnaker dan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) berkoordinasi dan bekerjasama untuk memulangkan para PMI tersebut. Sebab bagi Irma, hal ini akan terkait dengan kebutuhan anggaran untuk memulangkan mereka ke tanah air.

“BP2MI – Kemnaker koordinasi dengan Kemenlu terkait pemulangan mereka (PMI di Inggris) ke tanah air. Ketiganya harus urun rembug karena ini soal anggaran,” jelasnya.

Sebelumnya, The Guardian melaporkan sebanyak 200 orang PMI yang bekerja musiman di sektor pertanian Inggris meminta bantuan diplomatik sejak Juli lalu. Mereka mengaku sulit mendapatkan pekerjaan di negara tersebut lantaran masa berlaku visa yang sudah habis tersebut.

Padahal pada awal Juli lalu, Kemnaker dan Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI) sempat melepas secara resmi 250 PMI yang bekerja di sektor formal pertanian di Inggris. Sebanyak 250 PMI tersebut merupakan bagian dari sekitar 1.450 orang yang bekerja dengan visa pekerja musiman di Inggris.

(Megel Jekson)