Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima tanda penghargaan dari Pemerintah Singapura, Rabu (14/9/2022)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima tanda penghargaan dari Pemerintah Singapura, Rabu (14/9/2022)

Jakarta, Aktual.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku jika ada partai yang mencaloknkannya, maka ia siap maju sebagai presiden pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

“Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika ada partai mencalonkan saya,” kata Anies seperti diberitakan Reuters di Singapura, Kamis (16/9).

Menurutnya sejumlah survei telah memberinya kredibilitas mumpuni untuk bertarung di Pemilu 2024.

“Survei yang tidak diminta ini terjadi bahkan sebelum saya berkampanye, saya pikir mereka memberi saya lebih banyak kredibilitas,” ujarnya.

Ia meminta agar masyarakat dapat menilai dirinya berdasarkan kerja nyata yang telah ia lakukan selama menjabat sebagai gubernur.

“Dulu, orang berasumsi tentang saya dan apa yang saya perjuangkan dan apa yang akan saya lakukan di kantor. Sekarang, saya telah menjabat selama lima tahun, jadi nilailah saya berdasarkan kenyataan dan rekam jejak,” kata Anies.

Masa jabatan Anies Baswedan sendiri akan pada pertengahan Oktober mendatang dan sampai saat ini belum tergabung dengan parpol manapun sebagai kader.

Sementara itu, disejumlah lembaga suevei Anies diketahui, menempati posisi tiga besar dalam hal elektabilitas keterpilihan sebagai capres 2024. Namanya Anies Baswedan bersaing dengan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

(Dede Eka Nurdiansyah)