Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ditemui usai mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022) (ANTARA/Rangga Pandu)

Jakarta, Aktual.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku akan berkomentar urusan di luar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, termasuk soal Pemilihan Presiden 2024 setelah tanggung jawabnya sebagai gubernur selesai.

“Saya terus konsentrasi untuk menuntaskan tanggung jawab saya di Jakarta. Semoga bisa terlaksana dengan baik, sesudah itu baru nanti kita komentar dengan urusan-urusan di luar Jakarta,” kata Anies saat ditemui usai mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

Anies Baswedan merupakan salah satu nama yang santer disebut-sebut akan diusung dalam bursa Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Adapun saat menghadiri kegiatan upacara, Anies menjelaskan busana adat yang ia kenakan dari Betawi bernama “Ujung Serong”.

“Ini baju khas Betawi. Saya sebagai Gubernur DKI Jakarta tentu akan menggunakan pakaian adat Betawi,” kata dia.

Ia memaknai HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia sebuah panggilan untuk terus mensyukuri Kemerdekaan, terutama saat menghadiri Upacara Kemerdekaan.

Dalam kesempatan sebelumnya, Anies menyampaikan Tema HUT Ke-77 RI “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” mengingatkan bangsa Indonesia bahwa kemerdekaan adalah untuk mendapatkan keadilan yang hakiki dan perjuangan harus diteruskan.

Berkaitan dengan Pemilu 2024, Anies mengajak semua pihak fokus menjaga kebersamaan dan persatuan.

Menurutnya, Pemilu 2024 mengingatkan kepada semua bahwa persatuan akan hadir bila ada kesetaraan dan rasa keadilan.

(Antara)

(Dede Eka Nurdiansyah)