Hujan Banjir bandung
Hujan Banjir bandung

Bandung, Aktual.com – Rumah Sakit Mata Cicendo akan mengosongkan ruang inap yang berada di lantai satu. Itu sebagai antisipasi adanya banjir kembali diwaktu yang akan datang.

RS Cicendo sempat terendam banjir usai hujan deras yang mengguyur Kota Bandung, Minggu (14/11) sore, kemarin. Lantai satu ikut terandam dan membuat aktivitas tergangu hingga mengungsikan pasien.

Meskipun lantai satu hanya terendam banjir setinggi mata kaki, namun pihak RS Mata Cicendo tetap ingin menjamin keselamatan dan kenyamanan pasien, dan membuat kebijakan baru mengisi terlebih dahulu lantai atas sebelum ke lantai satu.

“Sekarang kita antisipasi yaitu pasien telah dipindahkan ke lantai dua. Kedepannya kita akan penuhi kamar rawat inap di lantai 2 dan 3 terlebih dahulu. Lantai 1 rawat inap memang menjadi lantai terendah setelah basement,” kata Direktur Utama RS Mata Cicendo Irayanti, Senin (14/11).

Menurutnya, saat banjir menerjang rumah sakitnya, yang paling parah adalah basement. Kejadian terjadi begitu cepat. Dalam hitungan jam, ruangan rawat inap sudah tergendang banjir. Saat itu terdapat 17 pasien yang tengah mendapat perawatan.

“Hanya sejam sudah banjir tapi sejam setelah itu sudah gak banjir lagi. Hanya basement (parkir sepeda motor karyawan) yang agak lama karena harus dibantu dengan Dinas Binamarga untuk membuang air. Tapi sekarang sudah gak ada genangan,” ujar dia.

Laporan: Muhammad Jatnika

(Wisnu)