Jakarta, Aktual.co —Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat mengerahkan tujuh truk tangki penyiram taman untuk mengantisipasi kekeringan pada musim kemarau saat ini.

“Kami telah mengerahkan tujuh truk tangki untuk memaksimalkan penyiraman tanaman di taman dan jalur hijau di wilayah Jakarta Barat,” kata Kepala Suku Dinas Pertamanan Jakarta Barat Djauhar Arifin di Jakarta, Rabu (22/10).

Djauhar mengatakan sejumlah tanaman di taman dan jalur hijau di Jakarta Barat rusak karena mengalami kekeringan.

“Kondisi cuaca yang panas ini mengakibatkan tanah menjadi cepat kering sehingga tanaman menjadi cepat layu dan taman menjadi rusak,” tuturnya.

Ia mengatakan sebanyak 14 petugas diterjunkan untuk mengoperasikan truk tangki penyiraman taman tersebut.

“Satu tangki dioperasikan dua orang, satu sopir dan satu kenek (pendamping sopir truk),” ujarnya.

Melalui pengerahan truk tangki penyiram tersebut, katanya, tanaman dan pohon-pohon di taman-taman dan jalur hijau Jakarta Barat memperoleh asupan air yang cukup agar bertahan hidup dari kekeringan.

“Kami rutin melakukan penyiraman sehari sekali pada pagi hari,” katanya.

Djauhar juga mengatakan setiap truk dengan dua petugas menangani masing-masing wilayah yang sudah ditentukan agar dapat bekerja secara optimal.

“Petugas penyiraman bekerja berdasarkan wilayah masing-masing, misalnya di sepanjang jalan kembangan, pusat kota dan Kecamatan Cengkareng,” tuturnya.

(Andy Abdul Hamid)