Jakarta, Aktual.com – Penumpang kereta rel listrik (KRL) diminta untuk memanfaatkan naik KRL pada Minggu (23/8), untuk mengantisipasi kepadatan hari Senin besok (24/8), usai libur panjang Tahun Baru Islam.

“Pada Senin (24/8) mendatang diprediksi banyak pengguna jasa yang akan kembali beraktivitas menggunakan KRL. Guna menghindari antrean di stasiun pada awal minggu, PT KCI mengimbau para pengguna untuk kembali ke Jakarta ataupun lokasi aktivitas kerjanya dengan memanfaatkan kondisi KRL yang cenderung lebih lengang pada hari minggu di akhir pekan ini,” kata Vice President Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia Anne Purba dalam keterangannya di Jakarta, Minggu(23/8).

PT KCI memprediksi Senin besok, pengguna dari luar Jakarta dengan tujuan stasiun-stasiun di wilayah Jakarta akan cukup tinggi.

“Untuk itu para pengguna kami ajak mengatur kembali perjalanannya dengan memanfaatkan hari Minggu ini untuk kembali ke tempat aktivitasnya ataupun menggunakan KRL di luar jam-jam sibuk,” katanya.

KRL tetap beroperasi normal hari ini dengan jadwal pemberangkatan terakhir sekitar pukul 21.00 WIB. PT KCI juga tetap mengoperasikan 975 perjalanan KRL per harinya.

Sementara itu di hari kerja dengan jumlah perjalanan KRL yang sama, persebaran pengguna masih terfokus pada pukul 05.00-08.00 WIB dan 16:00 – 20:00 WIB, selain di waktu tersebut KRL nampak lebih lengang dan tidak ada antrean penyekatan pengguna. Para pengguna jasa dapat memanfaatkan waktu-waktu tersebut untuk naik KRL dengan lebih nyaman.

Pengguna bisa mengatur waktu perjalanannya dengan melihat jadwal, posisi real time kereta dan kondisi antrean di stasiun melalui aplikasi KRL Access. Pengguna juga diimbau untuk mempersiapkan KMT, kartu uang elektonik bank, atau tiket kode QR dengan saldo yang cukup sehingga saat tiba di stasiun tidak perlu antre lagi.

Anne mengatakan pihaknya mencatat pengguna KRL pada libur panjang kali ini berkurang dibanding hari kerja. Pada Kamis (20/8) pengguna KRL berjumlah 231.938 pengguna, sedangkan Jumat (21/8) ada peningkatan mencapai 288.801, dan Sabtu (22/8) tercatat 287.030.

Sementara pada hari kerja di masa PSBB transisi ini rata-rata jumlah pengguna KRL tiap harinya 380.000 hingga 400.000 pengguna.(Antara)

(Warto'i)