Beranda Internasional Anwar Ibrahim Minta Pemerintah Malaysia Beri Penjelasan Resmi soal Polemik Kepulauan Riau

Anwar Ibrahim Minta Pemerintah Malaysia Beri Penjelasan Resmi soal Polemik Kepulauan Riau

Pemimpin Pakatan Harapan Anwar Ibrahim dan Mahathir Mohamad (Bernama)

Kuala Lumpur, aktual.com – Presiden Partai Keadilan Rakyat, Anwar Ibrahim mendesak Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismal Sabri untuk memberi pernyataan resmi terkait polemik yang menyebut negaranya harus mengklaim kepemilikan atas Kepulauan Riau. Anwar menganggap pernyataan Mahathir tersebut menyulut polemik berkepanjangan di Indonesia.

“Saya menyikapi serius pernyataan mantan PM Tun Dr Mahathir Mohamad terkait Kepulauan Riau baru-baru ini. Saya mendesak PM Ismail Sabri memberi pernyataan resmi dan tegas agar polemik ini tidak berkepanjangan. Sebab pandangan (Mahathir) tersebut tidak mewakili pemerintah atau rakyat Malaysia,” ujar dia dalam pernyataan tertulis, Sabtu (25/6) sore.

Menurut Anwar, penjelasan tersebut dibutuhkan demi menjaga kedekatan hubungan diplomatik dengan Indonesia Singapura. Politisi senior Malaysia tersebut menganggap ketiadaan penjelasan dari pemerintah hanya akan menyebabkan ketidaknyamanan kondisi diplomatik.

“Penjelasan (pemerintah Malaysia) diperlukan untuk menghindari ketidaknyamanan hubungan diplomatik di antara Malaysia, Singapura dan Indonesia,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Mahathir Mohamad membuat pernyataan heboh dengan mengatakan Malaysia seharusnya mengklaim kepemilikan Singapura dan Kepulauan Riau di Indonesia. Seperti dilansir dari Strait Times, Malaysia menyebut Tanah Melayu yang sangat luas, membentang dari Tanah Genting Kra di Thailand selatan sampai ke Kepulauan Riau dan Singapura. Pemerintah Malaysia, ungkapnya, harus menuntut agar semuanya dikembalikan kepada negeri Jiran tersebut.

(Megel Jekson)