Jakarta, Aktual.com – Polda Metro Jaya berjanji memperketat pengawalan terhadap bus pemain tim nasional sepakbola Vietnam jelang leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Jumat (6/1).

“Ada pengamanan yang lebih ketat terhadap rombongan pemain dan ofisial Vietnam,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta, Kamis (5/1).

Zulpan menambahkan Polda Metro Jaya juga akan menurunkan kendaraan taktis (rantis) untuk pengawalan bus yang membawa timnas Vietnam.

“Polda Metro Jaya juga akan menyiapkan rantis untuk mengawal kendaraan bus pemain Vietnam,” ujarnya.

Bus yang membawa timnas Vietnam juga akan dikawal oleh kendaraan dan personel polisi lalu lintas untuk memastikan kelancaran tim tamu selama perjalanan.

“Tentunya menggunakan pengawalan dengan kendaraan pengawalan lalu lintas,” tambahnya.

Sebelumnya, kaca bus yang membawa tim nasional sepakbola Thailand dilempari hingga menyebabkan kaca bus tersebut pecah, beberapa waktu lalu.

Zulpan menerangkan, bus tersebut bukan diserang seperti yang dinarasikan di media sosial (medsos), tetapi ada pelaku yang melempari bus tim nasional (timnas) sepakbola Thailand hingga menyebabkan kaca bus tersebut pecah.

“Bukan diserang, jadi benar adanya pelemparan itu. Jadi, bus dilempar itu benar. Bukan diserang, kan beda kalau diserang,” ujarnya.

Pelemparan tersebut diduga terjadi di sekitar kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Pelemparan terhadap bus timnas Thailand tersebut menjadi pembicaraan di media sosial.

Salah satu akun medsos yang membahas kejadian tersebut adalah akun Twitter @TL_Central yang mengunggah foto kaca bus yang pecah disertai narasi penyerangan terhadap bus timnas Thailand.

(Warto'i)