Madinah, Aktual.com – Kepala Kantor Urusan Haji Indonesia, Nasrullah Jasam melakukan kunjungan ke kantor Wakil Menteri Haji dan Umroh Bidang Ziarah, Arab Saudi.  Wakil Menteri (Wamen), Muhammad Abdurrahman Al Bejawi menerima menerima Nasrullah Jasam di Madinah, pada Minggu (7/8).

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membicarakan mengenai penyelenggaraan haji tahun ini yang sudah mendekati masa-masa akhir pemulangan jemaah.

Usai pertemuan, Wamen Al Bejawi mengatakan pemerintah Kerajaan Arab Saudi berterima kasih sekaligus mengapresiasi seluruh petugas haji Indonesia. Para petugas melakukan pelayanan yang baik, sehingga jemaah dapat beribadah dengan tenang.

“Kami bersyukur kepada Allah SWT bahwa tahun ini Jemaah haji dapat beribadah dengan tenang dan nyaman. Kami memberi pelayanan jemaah haji di bawah bimbingan Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdul Aziz. Kerajaan Arab Saudi tentu sangat senang menerima jemaah dan memberikan pelayanan kepada jemaah haji dari seluruh dunia termasuk Indonesia.  Terlebih setelah pandemi Covid-19 melanda dunia selama 2 tahun,” kata Al Bejawi dikutip dari RRI, Minggu (7/8).

Al Bejawi pun mengungkapkan, bahwa pemerintahnya terus berupaya untuk memberi pelayanan terbaik kepada seluruh jemaah haji dari berbagai negara. Tujuannya agar jemaah dapat beribadah dengan tenang dan nyaman.

“Pemerintah Arab Saudi berusaha sebaik mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik. Sehingga jemaah bisa ibadah dengan tenang, melaksanakan ibadah dengan sempurna, dan kembali ke Tanah Air. Dan kami saat ini tengah bersiap menerima jemaah umroh tahun ini,” ucap Al Bejawi lebih lanjut.

Penyelenggaraan haji 1443 H tahun 2022 Masehi yang merupakan haji pertama pasca terhenti 2 tahun karena pandemi. Haji tahun ini terhitung sukses karena tidak ada peristiwa yang menonjol dan jemaah cenderung mengungkapkan perasaan bahagia dan puas terhadap layanan haji tahun ini.

Layanan terbaik dan optimal yang diberikan petugas kepada jemaah diberikan mulai dari saat mereka tiba di Tanah Suci. Masa puncak ibadah haji, hingga mereka pulang ke Tanah Air.

(Andy Abdul Hamid)