Jakarta, Aktual.co —Arab Saudi pada Sabtu (18/10) menyatakan, Riyadh menggagal suatu upaya menyelundupkan 588 gading gajah dari Afrika ke Asia. Hal itu dilaporkan Kantor Berita Arab Saudi.

Semua 588 gading tersebut, dengan berat sekitar 490 kilogram, ditemukan disembunyikan di dalam barang bawaan seorang penumpang di Bandar Udara Internasional King Khaled di Riyadh, kata beberapa laporan.

Ditambahkannya, penumpang itu datang dari satu negara Afrika dan akan melakukan perjalanan ke satu negara Asia.

Laporan tersebut tidak mengungkapkan kewarganegaraan penumpang itu ataupun nama negara Afrika dan Asia asal penumpang tersebut melakukan penerbangan dan tujuannya, kata Xinhua, yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad pagi (19/10).

Lebih dari 20.000 gajah diburu secara tidak sah di seluruh Afrika pada 2013. Demikian laporan Konvensi mengenai Perdagangan Internasional Flora, Fauna dan Spesies yang terancam punah.

Walau ada kecenderungan bahwa peningkatan pembunuhan gajah secara tidak sah sejak 2000 dapat ditanggulangi, tingkat perburuan secara gelap masih tetap mengkhawatirkan. Tingkat perburuan itu terus melampaui angka pertumbuhan populasi gajah secara alamiah. Akibatnya,  terjadi kemerosotan lebih lanjut pada populasi gajah di seluruh Afrika.

()

()