Jakarta, Aktual.co — Pengamat Perkotaan Yayat Supriatna menyarankan agar perusahaan yang terletak di sepanjang jalur Jenderal Sudirman-MH Thamarin, untuk berpartisipasi melakukan arak-arakan presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla. Partisipasi itu dapat berupa spanduk ucapan selamat atau memasang bendera.

Usai melakukan pelantikan sebagai presiden, Jokowi-JK akan diarak mulai dari Bundaran HI hingga Istana Negara, menggunakan Kereta Kencana, pada Senin (20/10) pekan depan.

“Sebaiknya perusahaan ikut menyambut Jokowi sebagai presiden baik berbentuk spanduk atau bendera sebagai ucapan selamat dan bentuk sukacita karena ini acara kita bersama,” ujar Yayat kepada Aktual.co, Sabtu (18/10).

Yayat juga menyarankan agar perusahaan yang dilalui oleh peserta arak-arakan Jokowi untuk mengeluarkan kebijakan kerja setengah hari, atau sekaligus diliburkan.

“Karena acara ini kan sampai malam dan pastinya akan membuat kemacetan, karena ada beberapa jalur harus ditutup, sehingga aktivitas kantor menjadi tidak efektif. Tapi itu kembali lagi ke perusahaannya, tergantung pengelolaan perusahaan,” ujarnya.

Sementara itu, beberapa perusahaan memang berencana mempercepat jam kantor karyawan pada 20 Oktober mendatang. Salah satunya Alex, yang bekerja di perusahaan konsultan swasta Arghajata, mengatakan bahwa manajemen perusahaan belum mengeluarkan keputusan terkait rencana penutupan Jalan Sudirman-Thamrin. “Biasanya, sih, paling pulang cepat saja,” kata dia.

()