Jember, Aktual.com – Sejumlah titik lalulintas di Jember dialihkan mulai Selasa (28/6) hingga Rabu (29/6).

Hal ini menyusul digelarnya Defile Drumband Pekan Olah Raga Propinsi (Porprov) Jatim VII sejauh 4000 meter dan 6000 meter, dimana rute yang digunakan adalah double way Jalan Gajah Mada mulai dari Perempatan Argopuro Hingga Alun-Alun Jember dengan melewati Jalan Gajah Mada dan Jalan Sultan Agung.

Dengan adanya Defile selama 2 hari tersebut, beberapa ruas jalan yang masuk ke dalam kota maupun yang melewati kota Jember akan dialihkan, beberapa ruas jalan yang ditutup diantaranya dari arah barat (Surabaya) dimulai dari perempatan Argopuro, simpang 3 PLN atau Jalan Teratai arah Samsat Barat, Simpang tiga Masjid Al-Huda atau Lippo.

Begitu juga dengan Simpang 3 KFC, Simpang 3 jalan Kenangan arah Gebang, Simpang 3 Jompo Jalan Samanhudi, Simpang 3 Hotel Nusantara Jalan Wijaya Kusuma dan Simpang 4 SMP 2 di jalan PB. Sudirman.

“Penutupan jalan dimulai pada pukul 12.00 sampai selesai atau sekitar jam 6 sore, jalan yang ditutup yakni jalan yang mau masuk ke Jalan Gajah Mada dan Jalan Sultan Agung, dan dilakukan selama 2 hari, yakni hari ini dan besok, karena ada defile drumband Porprov,” ujar Agus Wijaya Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Jember Selasa (28/6).

Agus menjelaskan, bahwa selama penutupan jalan, pihaknya menghimbau kepada pengendara, terutama yang dari arah Surabaya mau ke Bondowoso atau Banyuwangi, agar tidak melewati kota, dan mencari jalan alternatif.

“Sebisa mungkin pada jam penutupan tersebut, pengendara dari arah Surabaya yang mau ke Banyuwangi atau Bondowoso, agar tidak melewati jalur tengah kota, dipastikan tidak bisa karena ada penutupan, agar tidak terjebak macet, untuk kendaraan bisa belok kanan atau kiti di simpang 4 Mangli,” jelas Agus.

Selain jalur menuju kota, beberapa jalur lain juga akan dilakukan penutupan pada hari Rabu pagi 29 Juni di seputaran kawasan kampus, yakni penutupan jalan Kalimantan Sumbersari mulai dari perempatan Mastrip, double way Unej dan bundaran DPRD Jember mulai pagi hingga selesai.

“Untuk kawasan kampus, terutama di jalan Kalimantan akan ada penutupan jalan mulai dari bundaran Mastrip dan Bundaran DPRD, penutupan mulai pagi sampai selesai, karena ada kegiatan PTSSPN,” pungkas Agus Wijaya.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)