Surakarta, Aktual.com – Cabang olahraga para atletik terus menyumbangkan medali untuk Indonesia di ajang Asean Para Games Solo 2022. Kali ini di nomor 400 meter Putri T20, sprinter Elvin Elhudia Sesa berhasil mempersembahkan medali emas di Stadion Manahan, Solo, Rabu (3/8).

Elvin mengungkapkan perjuangannya yang luar biasa, diawali rasa takut hingga menangis. Namun motivasi dari orang-orang terdekat membuatnya semangat untuk bangkit dan menjadi juara.

“Aku tadi teriak-teriak ya karena takut, karena lihat lawannya itu aduh bagaimana ya kalau duluan gitu. Tapi setelah lari sudah lega, tenaganya sudah pulih karena mendapatkan hasil yang maksimal,” ucap Elvin.

Bagi Elvin selain keluarga, keinginan mempersembahkan kebangaan bagi bangsa dan negara juga menjadi pendorong semangat baginya.

“Ini untuk membanggakan Indonesia, mengibarkan bendera Merah Putih, maka harus semangat,” katanya.

Elvin mengungkapkan, raihan emas di nomor 400 meter ini bukanlah targetnya. Karena sebenarnya ia hanya ditargetkan meraih perunggu.

“Ini bukan target, karena target sebenarnya perunggu. Ini tidak menyangka juga dapat emas. Motivasi dari pelatih terus dari orang terdekat sahabat, pengurus dari Ambon, dan dukungan keluarga, meski ada cedera radang kaki terus semangat dan menyebabkan keberhasilan,”  katanya.

Sementara bagi Tiwa medali perak tetaplah membanggakan bagi dirinya, karena memang di 400 meter bukan menjadi prioritas, karena ia mengakui tidak kuat di sprint. Dimana sehari sebelumnya ia justru meraih emas di nomor 1.500M.

“400 meter bukan nomor saya, saya tidak di sprint. Jadi tetap bangga dapat mengiringi Elvin, semua kami persembahkan untuk Indonesia,” ucap Tiwa.

Tiwa sendiri masih memiliki satu nomor tersisa yang akan diiikutinya, yaitu di nomor 800 meter.

(Andy Abdul Hamid)