Xavi Hernandez saat diperkenalkan sebagai pelatih baru FC Barcelona di Nou Camp, Barcelona, Spanyol, 8 November 2021. (Joan Valls via Reuters Connect/Joan Valls)

Jakarta, Aktual.com – Barcelona berhasil bangkit dari ketertinggalan untuk menang 2-1 dalam Liga Spanyol jornada ke-27 di Stadion Manuel Martinez Valero yang berakhir pada Senin dini hari WIB, demikian laman resmi LaLiga.

Elche unggul terlebih dahulu lewat gol Fidel Chaves sebelum Barcelona berbalik unggul berkat gol Ferran Torres dan Memphis Depay.

Kemenangan ini mengantarkan Barca naik ke peringkat ketiga klasemen sementara dengan 48 poin. Posisi Barca bisa kembali turun bila Atletico Madrid atau Real Betis menang saat keduanya berduel Senin pukul 03.00 WIB.

Sementara itu, Elche tetap bertahan di tempat ke-14 dengan 29 poin dari 27 laga.

Barca langsung menguasai bola dan mengurung Elche. Meski begitu, peluang pertama diciptakan tim tuan rumah lewat tembakan Raul Guti pada menit ke-7.

Klub Katalunya itu mendominasi laga, tetapi belum bisa menciptakan peluang matang. Elche juga tidak tinggal diam dan memberikan perlawanan sepadan.

Hingga menit ke-25, Barca tidak benar-benar mengancam gawang Elche. Sebaliknya, Elche menunggu kesempatan  melancarkan serangan balik.

Pada menit ke-37, Elche mendapatkan kans emas. Umpan silang Mojica disambut Morente di tiang jauh, namun tembakan Morente masih melambung tinggi.

De Jong memperoleh kans saat menerima umpan cantik dari Sergio Busquets pada menit ke-38. Namun, saat tinggal berhadapan dengan Badia, tembakannya dihalau oleh kiper Elche.

Elche mencetak gol kejutan pada menit ke-44. Pedri membuat kesalahan backpass, bola berhasil dicuri Fidel yang berlari menembus kotak penalti dan menaklukkan Ter Stegen. Skor 1-0 untuk tim tuan rumah.

Selepas jeda istirahat, Barca langsung mengancam pada menit ke-52. Torres menerima operan Alves di tiang jauh. Penyerang Spanyol itu tidak terkawal, tetapi tendangannya masih melesat dari gawang Badia.

Barca akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-60. Umpan silang Dembele dari sisi kanan gagal, bola jatuh ke Alba yang berlari ke kotak penalti dan mengirim umpan tarik untuk Torres. Dia tinggal mengarahkan bola ke gawang Elche. Kedudukan menjadi imbang 1-1.

Mendekati menit ke-70, tim asuhan Xavi Hernandez benar-benar mengurung Elche. Namun, tuan rumah memiliki peluang yang lebih berbahaya.

Wasit memberikan hadiah penalti untuk Barca setelah Antonio Barragan dinyatakan handball saat berebut bola dengan Memphis Depay. Keputusan itu diperkuat dengan VAR.

Depay sendiri yang maju sebagai eksekutor dan dia sukses menempatkan bola ke pojok kanan atas yang mengecoh Badia.

Tambahan waktu 7 menit tidak cukup bagi kedua tim untuk mencetak gol tambahan. 

Dalam pertandingan Liga Spanyol lainnya yang dilangsungkan lebih dulu, Cadiz menang 2-0 atas Rayo Vallecano berkat dua gol yang diciptakan Ruben Alcaraz pada menit ke-55 dan Oussama Idrissi pada menit ke-63.

Elche (4-4-2): Edgar Badia; Antonio Barragan, Enzo Roco, Diego Gonzalez, Johan Mojica; Tete Morente (65′ Guido Carrillo), Omar Mascarell, Raul Guti (78′ Josan), Fidel (78′ Ivan Marcone), Pere Milla, Lucas Boye (65′ Ezequiel Ponce).

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre Ter Stegen; Dani Alves (85′ Sergino Dest), Ronald Araujo, Gerard Pique, Jordi Alba; Frenkie De Jong (68′ Nicolas Gonzalez), Sergio Busquets, Pedri; Gavi (46′ Ferran Torres), Pierre-Emerick Aubameyang (75′ Memphis Depay), Ousmane Dembele (75′ Adama Traore).

(Antara)

(Andy Abdul Hamid)