Brussels, Aktual.com – Para pemimpin negara anggota Uni Eropa (UE) pada Jumat (21/10) menyetujui ‘peta jalan’ langkah-langkah untuk melindungi konsumen Eropa dari melonjaknya harga energi.

Kesepakatan itu dicapai setelah beberapa jam diskusi mengenai proposal untuk menurunkan tagihan energi, yang meroket karena konflik antara Rusia dan Ukraina.

Kesepakatan KTT menetapkan “peta jalan yang solid untuk terus bekerja pada topik harga energi,” kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen pada konferensi pers.

“Dewan Eropa telah sepakat bahwa mengingat krisis yang sedang berlangsung, upaya untuk mengurangi permintaan, untuk memastikan keamanan pasokan, untuk menghindari penjatahan, dan guna menurunkan harga energi untuk rumah tangga dan bisnis di seluruh Uni perlu dipercepat dan diintensifkan, dan integritas Pasar Tunggal harus dipertahankan,” kata kesimpulan KTT yang dipublikasikan.

Para pemimpin meminta para menteri energi dan Komisi Eropa untuk “mengajukan keputusan konkret” pada “koridor harga dinamis sementara pada transaksi gas alam” yang akan membatasi lonjakan harga, dan batas harga gas yang digunakan untuk menghasilkan listrik.

Para pemimpin Uni Eropa juga sepakat untuk mendorong rencana pembelian gas melalui platform bersama sebelum musim dingin mendatang.(Antara)

(Warto'i)