Jakarta, Aktual.co — Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Hendri Saparini mengatakan positioning Ekonomi Indonesia pada 2015 akan menentukan arah ekonomi lima tahun ke depan, baik di pasar global maupun regional. Ranking Indonesia dalam lima tahun ke depan akan naik karena dukungan sumber daya alam dan manusia yang dimiliki.

“Pemerintahan Jokowi di tahun pertama perlu melakukan positioning, mau dibawa kemana perekonomian Indonesia. Ini akan menentukan arah ekonomi lima tahun kedepannya. Di pasar global, Indonesia telah menjadi anggota G20 dengan PDB urutan ke-16 di dunia. Dalam lima tahun ke depan diharapkan ranking naik karena dukungan SDM dan SDA nya yang sangat potensial,” ujar Hendri usai diskusi economic outlook 2015 di Hotel JS Luwansa Jakarta, Kamis (6/11).

Selanjutnya CORE Indonesia memprediksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2014-2019 mencapai rata-rata 5,1 persen. Sedangkan India dan Tiongkok masing-masing 4,8 dan 5,9 persen.

“Proyeksi tersebut tentu mendasar pada kinerja dan manajemen kebijakan ekonomi Indonesia saat ini. Dengan potensinya yang besar maka proyeksi perrumbuhan ekonomi Indonesia akan dapat mencapai di atas pertumbuhan mediocre tersebut,” pungkasnya.

()

(Eka)