Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Kesehatan Nila F Moeloek (kiri) berbincang dengan orangtua korban vaksin palsu saat meninjau pelaksanaan vaksinasi ulang di Puskesmas Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Senin (18/7). Pelaksanaan vaksinasi ulang yang digelar Kementerian Kesehatan dan diikuti puluhan anak-anak dan balita itu sebagai imbas dari beredarnya vaksin palsu di sejumlah rumah sakit, klinik, dan praktek bidan di Bekasi dan Jakarta Timur. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/pd/16

Pandeglang, Aktual.com – Presiden RI Joko Widodo meminta para orang tua memperhatikan asupan gizi bagi anak berusaha di bawah lima tahun (balita) karena sangat penting dalam pertumbuhannya.

“Asupan gizi bagi anak balita dan ibu hamil itu sangat penting, jadi harus diperhatikan,” katanya saat berkunjung ke Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang, Minggu (11/9).

Menurut dia, anak-anak merupakan generasi penerus bangsa harus mendapat perhatian dalam pertumbuhannya sehingga nanti menjadi generasi yang cerdas.

“Perhatian perlu diperhatikan mulai saat berada dalam kandungan, dan setelah lahir serta masa pertumbuhannya,” ujarnya.

Dalam kunjungan yang relatif singkat itu, Joko Widodo didampingi Menteri Kesehatan Nila F Moeloek membagikan paket makanan tambahan gizi sebanyak 1.000 paket bagi orang tua yang memiliki balita.

Selain itu, Presiden juga mengunjungi Puskesmas Pagadungan yang berada tepat di depan Kantor Kecamatan Karangtanjung.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyatakan makanan tambahan gizi yang diberikan merupakan pendamping ASI (air susu ibu) dari pemerintah pusat yang pengadaannya bersumber dari APBN.

“Paket makan ini memiliki tujuh kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak pada masa pertumbuhan,” katanya.

Menurut dia, makanan dalam bentuk biskuit itu terbagi dalam beberapa jenis, di antaranya untuk balita dan ibu hamil.

“Biskuit ini juga cocok diberikan bagi anak usia sekolah dasar,” katanya.

Usai berkunjung ke Kecamatan Karangtanjung, Presiden beserta rombongan bertolak ke Kota Serang dan rencananya akan menginap dan keesokan harinya melaksanakan Salat Id di Masjid Al Bantani Serang, Provinsi Banten.

ANT

(Antara)

(Arbie Marwan)