Banda Aceh, Aktual.co — Asisten Menteri Luar Negeri (Menlu) Urusan Kependudukan, Pengungsi dan Migrasi Amerika Serikat, Anne C Richard, akan menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla setelah kembali dari Aceh. Pertemuan tersebut untuk membahas solusi kongkrit terhadap penanganan pengungsi Rohingya.

Hal itu ditegaskan Anne saat menggelar konferensi pers pada Selasa (2/6), di lokasi penampungan warga Rohingya TPI Lapang, Aceh Utara.

“Sebelum ke Indonesia, saya sudah menemui Pemerintah Malaysia, Pemerintah Thailand. Kita membahas bagaimana segera mengatasi krisis imigran ini. Setelah dari Aceh saya juga akan membahas persoalan yang sama dengan Wapres Jusuf Kalla,” terang Anne.

Ia menerangkan, bahwa pihaknya mengapresiasi langkah Indonesia yang telah melakukan pencarian “manusia perahu” di perairan Indonesia. Upaya itu penting dilakukan untuk menyelamatkan umat manusia warga Rogingya tersebut.

“Pertemuan regional antar negara-negara ASEAN juga mencari solusi untuk mengatasi krisis ini,” terangnya.

Dia menegaskan Amerika berkepentingan untuk membantu menyelamatkan pengungsi Rohingya.

Diberitakan sebelumnya, kunjungannya kali pertama ke Indonesia itu didampingi oleh Dubes AS untuk Indonesia Robert O Blake, Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud, Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf dan sejumlah pimpinan daerah di Aceh.

()