Jakarta, aktual.com – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membuka secara resmi Sidang Tahunan MPR RI sekaligus Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 dalam rangka memperingati HUT Ke-77 RI.

“Sampai saat ini 435 anggota dari 711 anggota MPR, DPR dan DPD telah menandatangani daftar hadir maka sidang memenuhi syarat,” kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat menyampaikan pidato Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jakarta, Selasa (16/8).

Di awal pembukaan pidato, Ketua MPR RI menyapa dan memberikan penghormatan kepada Presiden dan Wakil Presiden RI, mantan Presiden dan Wakil Presiden, Ketua DPR, Ketua DPD, tamu undangan dari negara sahabat, petinggi negara hingga ketua umum partai politik yang hadir pada Sidang Tahunan MPR RI.

Ketua MPR RI yang akrab disapa Bamsoet tersebut mengatakan rasa syukur mendalam patut disampaikan karena selama dua tahun lebih Indonesia dilanda pandemi COVID-19. Namun, berkat kerja keras pemerintah dan semua komponen elemen bangsa, Indonesia bisa menghadapi dan pulih lebih kuat.

“Sehingga hari ini kita bisa melaksanakan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Ketua MPR menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta pimpinan lembaga negara yang ikut menghadiri Sidang Tahunan MPR tersebut.

Dalam agendanya, Presiden RI Joko Widodo juga akan menyampaikan pidato kenegaraan. Kemudian Presiden juga dijadwalkan menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian keterangan pemerintah atas RUU APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangan pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2022-2023.

(Rizky Zulkarnain)