Medan, Aktual.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Medan, Sumatera Utara, mengapresiasi PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) yang akan membangun teknologi 5G di 10 kota di Indonesia, dan Medan salah satu kota di antaranya.

“Kita menyambut baik Telkomsel yang telah memilih Medan sebagai tempat pembangunan teknologi 5G,” ujar Wali Kota Medan, Bobby Nasution ketika menerima Direktur Sales PT Telkomsel Hendri Mulya Syam, di Medan, Selasa (18/5).

Wali Kota menyebutkan, Pemkot Medan mendukung penuh langkah menuju digitalisasi di tengah pandemi COVID-19 yang menciptakan pembatasan-pembatasan, termasuk komunikasi langsung atau tatap muka.

Pihaknya menginginkan agar setiap sudut Kota Medan, terutama di tempat-tempat berkumpulnya orang, seperti taman, halte, dan tempat pelayanan publik tersedia fasilitas wifi.

Wali Kota juga mengingatkan agar penataan kabel telekomunikasi harus dilakukan dengan sistem “ducting”. “Ini juga berkaitan penataan dan menjaga keindahan kota,” ucap Bobby seraya mengingatkan Telkomsel dapat menyalurkan CSR bagi Kota Medan.

Direktur Sales PT Telkomsel, Hendri Mulya Syam, mengatakan, selain Medan terdapat sembilan kota lain, yakni Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar, Batam, Balikpapan, Makasar, dan Timika.

“Teknologi 5G, banyak hal dapat dilakukan. Tak cuma akses data, tapi juga bisa mengintegrasikan dunia digital dan fisik berbagai keperluan di aneka segmen,” terangnya.(Antara)

(Warto'i)