DLH Banjarmasin siap membantu penanganan sampah dan toilet di haul Guru Sekumpul Foto: DLH for kanalkalimantan
DLH Banjarmasin siap membantu penanganan sampah dan toilet di haul Guru Sekumpul Foto: DLH for kanalkalimantan

Banjarmasin, aktual.com – Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan membantu armada kebersihan untuk membantu penanganan sampah pada acara haul akbar ke-15 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau yang lebih akrab Guru Sakumpul Martapura, Kabupaten Banjar.

Haul akbar dilaksanakan pada Sabtu 29 Februari 2020 dan Minggu 1 Maret 2020 bertepatan 5 dan 6 Rajab 1441 Hijriah.

Pelaksanaan haul digelar usai salat Isya di Kubah (haul Sabtu malam) dan Mushala Ar-Raudhah Sekumpul (haul Minggu malam) di Sakumpul Martapura.

Kabid Kebersihan DLH Kota Banjarmasin Marzuki di Banjarmasin, Rabu, mengatakan, pihaknya akan mengirim sebanyak 5 unit armada kebersihan untuk membantu penanganan sampah di sana.

Bahkan, ucap dia lagi, ada sebanyak 50 relawan kebersihan yang juga ikut untuk membantu penanganan sampah usai gelar haul akbar tersebut.

“Jadi usai acara haul itu sekitar dua hari setelahnya armada dan relawan masih di sana,” ujar Jack, panggilan akrabnya.

Pasalnya, ucap dia, sampah yang akan ada di acara haul itu akan sangat banyak, sebab perkiraan jamaah yang hadir di atas satu juta orang.

“Tentunya pihak Pemkab Banjar akan kewalahan untuk penanganan sampah di sana, sehingga kita bantu,” ujar Jack.

Menurut dia, koordinasi dengan pihak kebersihan di sana sudah pihaknya lakukan, sehingga armada sampah dan relawan kebersihan dari Banjarmasin sudah ada titik tugasnya.

“Kita harap jamaah tertib membuang sampah, sehingga penanganannya lebih mudah,” harapnya.

Sebagaimana diketahui, Guru Sakumpul yang wafat pada 2005 dalam usia 63 tahun tersebut sebagai ulama sangat kharismatik dan populer di Kalimantan, hingga acara haulnya dihadiri jutaan jamaah yang datang dari berbagai daerah, bahkan dari luar Kalimantan.

(Eko Priyanto)