Warga melintasi banjir yang merendam di desa Wanakaya, Kecamatan Gunungjati, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (8/2/2020).
Warga melintasi banjir yang merendam di desa Wanakaya, Kecamatan Gunungjati, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (8/2/2020).

Cirebon, aktual.com – Sebanyak 10 kecamatan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, sempat terendam banjir meskipun saat ini sudah ada beberapa titik mulai surut.

“Sampai saat ini ada 10 kecamatan yang terdampak banjir,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendra di Cirebon, Sabtu [8/2].

Dari 10 kecamatan terdampak banjir kata Dadang, ada beberapa yang masih terendam dan ada juga yang mulai surut.

Menurutnya banjir yang menerjang mulai dari Jumat (7/2) malam itu dikarenakan meluapnya beberapa sungai serta intensitas hujan lebat baik di daerah hulu maupun yang terdampak.

“Kondisi terkini air sudah mulai surut, dari yang sebelumnya mencapai semeter setengah sekarang hanya 30 sampai 40 centimeter,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Dadang ada juga daerah yang airnya sudah surut, karena banjir itu hanya kiriman dari daerah lain, sehingga cepat mengalir ke laut.

Dadang menambahkan pihaknya terus bersiaga di daerah yang memang menjadi langganan banjir, agar ketika terjadi hujan lebat segera bisa membantu warga.

Sementara warga Desa Wanakaya, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon Saropan (60) mengatakan banjir yang terjadi di desanya merupakan kiriman dari hulu.

“Karena pada saat hujan tadi malam belum terdampak. Air mulai masuk rumah pada tadi pagi sekitar jam 07.00 WIB,” ujarnya.

(Eko Priyanto)