Sampang, Aktual.com – Banjir yang menggenangi Kota Sampang, Jawa Timur, Rabu (12/10) pagi meluas. Hingga pukul 07.00 WIB ketinggian air di wilayah tersebut mencapai 1 meter.

“Tadi malam sudah surut. Bahkan genangan air di jalan-jalan kota sekitar monumen sudah mengering. Tinggal didekat Sungai Kalikemungin saja. Tadi pagi ketinggian air lagi,” ujar warga Kota Sampang Sali ketika ditemui.

Ketinggian air di jalan Imam Bonjol sudah mencapai 1,5 meter. Rumah warga di Kota Bahari juga, tergenang banjir termasuk sejumlah lembaga pendidikan dan kantor pemerintahan.

Banjir di wilayah Sampang sebenarnya sudah mendapatkan imbauan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Menurut Kepala BPBD Sampang Wisnu Hartono, imbauan itu sebelumnya sudah disampaikan berdasarkan laporan tim reaksi cepat BPBD Sampang atas pantauan di wilayah Utara Sampang.

Banjir yang menggenangi wilayah Sampang itu merupakan banjir kiriman dari wilayah Utara. Sebab wilayah tersebut diguyur hujan sejak Selasa (11/10) pagi hingga sore.

Dia pun mengkhawatirkan banjir akan terus meluas, mengingat air laut di wilayah tersebut terpantau cukup tinggi. “Kalau air laut pasang, maka jelas banjir akan semakin tinggi. Kota Sampang ini kan lebih rendah dari permukaan laut.”

(Wisnu)