Penerima dana bantuan konsumsi saat pencairan di Kelurahan Tegalbesar. Foto: Aktual/Aminudin Aziz
Penerima dana bantuan konsumsi saat pencairan di Kelurahan Tegalbesar. Foto: Aktual/Aminudin Aziz

Jember, Aktual.com – Pemerintah pusat melalui PT. Kantor Pos Indonesia (Persero) mulai menyalurkan bantuan Program Sembako di beberapa wilayah di Jember pada hari ini, Rabu (23/2). Bantuan senilai Rp 200 ribu per bulan tersebut dikhususkan untuk sumber karbohidrat seperti beras, jagung dan lainnya.

Selain itu juga sumber protein hewani seperti ayam, daging, serta protein nabati seperti kacang-kacangan, tempe dan tahu.

Namun, dana bantuan konsumsi ini tidak diperbolehkan untuk pembelian minyak, tepung, gula pasir, pulsa dan rokok. Sesuai ketentuan, pembelian ini dapat dibelanjakan di e-warong atau warung yang ditunjuk untuk program ini.

Seperti halnya penyaluran bantuan di Kelurahan Tegalbesar Kaliwates Jember yang dipusatkan di Balai Kelurahan, ada 630 penerima, yang semuanya mendapatkan undangan agau sistem undangan, dan mereka yang datang, wajib membawa fotokopi KTP dan Kartu Keluarga.

“Dari 630 penerima, yang datang dan mengambil bantuan 595 orang dan 35 orang tidak hadir,” ujar Zainal, Lurah Tegalbesar.

Prosedurnya, jika dalam kurun waktu 1 minggu setelah penyaluran tidak ada konfirmasi ke Kelurahan, pihaknya lanjut Zainal akan menelusuri bersama tim penyalur.

“Kita akan cek apakah undangan tidak sampai atau meninggal atau karena masalah lain, karena dana ini sangat dibutuhkan terutama untuk kondisi seperti ini,” tambahnya.

Selain itu, pada pencairan tahap pertama di tahun 2022, bantuan konsumsi ini langsung cair 3 bulan. “Setahu kami cair 3 bulan, dan sebelumnya ada pendataan dari penyalur, terutama foto rumah penerima, sehingga kemungkinan salah sasaran bisa diminimalisir,” pungkasnya.

(Aminudin Azis)

(A. Hilmi)