Jakarta, Aktual.com – Presiden Bank Sentral AS, Minneapolis Neel Kashkari mengatakan banyak sektor ekonomi AS menghadapi kenaikan harga yang cepat dan berjuang untuk menyesuaikan diri dengan pembukaan kembali setelah penutupan.

“Pada dasarnya, apa yang terjadi adalah ekonomi AS mengalami penutupan yang sangat mendadak setahun yang lalu,” kata Kashkari kepada NPR dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada Sabtu (17/7).

“Dan sekarang sedang melalui pembukaan kembali, dan Anda melihat banyak sektor ekonomi berjuang untuk melakukan penyesuaian itu.”

Kashkari mengatakan dia setuju dengan Ketua Bank Sentral AS Jerome Powell bahwa ekonomi akan kembali ke kondisi harga yang lebih normal setelah menyesuaikan dengan pembukaan kembali.

“Saya belum melihat bukti bahwa kita akan mempertahankan inflasi tinggi di luar periode pembukaan kembali ini, apakah itu enam bulan atau satu tahun atau 18 bulan. Saya tidak yakin,” kata Kashkari.

Kashkari mengatakan pada akhir Juni dia memperkirakan tingkat inflasi tinggi baru-baru ini bersifat sementara dan orang Amerika akan kembali ke pasar tenaga kerja dalam jumlah besar di musim gugur.

Awal pekan ini, Powell menjanjikan “dukungan kuat” untuk menyelesaikan pemulihan ekonomi AS dari pandemi COVID-19, tetapi menghadapi pertanyaan tajam dalam dengar pendapat dari anggota parlemen Partai Republik yang khawatir tentang lonjakan inflasi baru-baru ini.

Sumber: Reuters

(A. Hilmi)