Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengikuti rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/9). Rapat kerja tersebut membahas penyampaian pokok-pokok RUU tentang APBN 2019 serta pembentukan Panja dan tim perumus. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas menargetkan investasi atau Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) tumbuh 6,88 persen – 8,11 persen pada periode 2020-2024.

“Peningkatan investasi akan ditujukan pada peningkatan produktivitas yang akan mendorong peningkatan efisiensi investasi,” kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Rabu (3/7).

Ia mengungkapkan hal tersebut dalam acara BBC HARD talk sebagai rangkaian acara Indonesia Infrastructure Investment Forum (IIIF) 2019, di London, Inggris, Selasa (2/7) waktu setempat.

Bambang menjelaskan untuk mencapai target tersebut, investasi swasta asing maupun dalam negeri akan didorong melalui deregulasi prosedur investasi.

Selain itu, juga dilakukan sinkronisasi dan harmonisasi peraturan perizinan, termasuk peningkatan peringkat kemudahan berusaha (EoDB) Indonesia dari posisi 73 pada 2019 menjadi menuju peringkat 40 pada 2024.

Kemudian, peningkatan investasi juga diupayakan melalui peningkatan investasi pemerintah, termasuk BUMN, terutama untuk pembangunan infrastruktur.

(Abdul Hamid)