Pemain Barcelona Fc melakukan selebrasi usai membobol gawang Athletic Bilbao di Camp Nou, Barcelona pada 24 Oktober 2022.
Pemain Barcelona Fc melakukan selebrasi usai membobol gawang Athletic Bilbao di Camp Nou, Barcelona pada 24 Oktober 2022.

Jakarta, Aktual.com –  Barcelona berhasil menekuk lawanya Athletic Bilbao dengan skor 4-0 di Camp-Nou dalam lanjutan Liga Spanyol di Spotify Camp-Nou, Barcelona pada Senin (24/10) dini hari WIB.

Ousmane Dembele menjadi bintang El Barca dengan sumbangan satu gol dan tiga assist di laga ini. Tiga gol lainnya dicetak oleh Sergi Roberto, Robert Lewandowski dan Ferran Torres.

Raihan tiga poin ini membuat Barcelona menjaga jarak dengan Real Madrid di posisi kedua dengan koleksi 28 poin. Sedangkan Bilbao tertahan di peringkat ke-6 dengan 18 poin.

Tuan rumah tampil menekan sejak awal laga. Hasilnya mereka mampu memimpin pada menit ke-12, umpan silang Robert Lewandowski dari sisi kanan bisa ditanduk Ousmane Dembele menjadi gol untuk mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Barcelona hanya enam menit unutk menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Dembele kembali berperan dalam gol Barcelona.

Sodoran bola winger asal Prancis ini ke kotak penalti berhasil diselesaikan dengan baik oleh sepakan keras Sergi Roberto yang tidak terbendung kiper Bilbao Unai Simon.

Pada menit ke-22, Barcelona sudah unggul 3-0. Dembele kali ini benar-benar menjadi motor serangan El Barca.

Ia menusuk dari sisi kanan usai mampu melewati satu pemain Bilbao sebelum melepas umpan ke Robert Lewandowski.

Lewandowski yang berdiri di depan gawang melakukan gerakan memutar dan melepaskan sepakan keras yang membobol gawang Bilbao.

Barcelona sudah unggul tiga gol tanpa balas saat turun minum.

Pada menit ke-73 Barcelona mencetak gol ke-4. Ferran Torres mencatatkan namanya di papan skor. Mantan pemain Manchester City itu melepaskan tendangan mendatar yang melewati selangkangan Simon usai menerima umpan terobosan dari Dembele.

Setelah itu, pasukan Xavi Hernandez terus mendominasi pertandingan. Akan tetapi, mereka terpaksa bermain dengan 10 pemain sejak menit 86, karena Sergi Roberto terpaksa harus keluar karena cedera dan pergantian pemain mereka telah habis.

Kekurangan pemain membuat Blaugrana nyaris kebobolan pada menit 88, setelah Marc Andre Ter Stegen melakukan kesalahan ketika mengontrol bola dan ditekan oleh Oihan Sancet. Untungnya, tendangan Sancet yang sudah tinggal masuk ke gawang bisa dihalau oleh Eric Garcia yang dengan cepat mundur ke garis gawang.

Meski tampil dengan 10 pemain di menit-menit akhir, Barcelona mampu bertahan dengan baik dan mereka pun menutup pertandingan ini dengan kemenangan telak 4-0 atas Athletic Bilbao.

Susunan Pemain:
Barcelona (4-3-3): Marc-Andre Ter Stegen; Sergi Roberto, Jules Kounde (Marcos Alonso 63’), Eric Garcia, Alejandro Balde; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Pedri (Ferran Torres 63’); Ousmane Dembele (Pablo Torre 77’), Roberto Lewandowski (Ansu Fati 63’), Pablo Gavi (Franck Kessie 33’).

Athletic Bilbao (4-2-3-1): Unai Simon; Oscar De Marcos (Inigo Lekue 60’), Yeray Alvarez, Inigo Martinez, Yuri Berchiche; Oier Zarraga (Unai Vencedor 70’), Mikel Vesga; Nico Williams, Ander Herrera (Dani Garcia 21’, Oihan Sancet 60’), Alex Berenguer; Inaki Williams (Raul Garcia 70’).

(Arie Saputra)